Sejumlah kota yang menjadi tujuan favorit para penumpang KA dari Daop 9 untuk bepergian yakni Surabaya, Malang, Yogyakarta hingga Jakarta
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, menyebutkan sebanyak 36.056 tiket kereta api di wilayahnya sudah terjual selama libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek.

"Berdasarkan data pada 6 Februari 2024 tercatat sebanyak 36.056 tiket telah dipesan oleh para penumpang untuk perjalanan menuju ke beberapa kota tujuan untuk keberangkatan Rabu (7/2/2024) sampai dengan Minggu (11/2/2024)," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Jatim, Selasa.

Menurutnya, jumlah tiket kereta yang terjual itu masih akan terus bertambah karena pemesanan tiket dilakukan secara daring masih terus berlangsung, baik menggunakan aplikasi Access by KAI ataupun pada mitra penjualan lainnya.

"Sejumlah kota yang menjadi tujuan favorit para penumpang KA dari Daop 9 untuk bepergian yakni Surabaya, Malang, Yogyakarta hingga Jakarta," tuturnya.

Selain itu, juga banyak penumpang yang menggunakan kereta api untuk bepergian dari satu kota ke kota lain di wilayah Daop 9 yang terbentang mulai dari Pasuruan hingga Banyuwangi.

"KA di Daop 9 yang banyak dipilih penumpang untuk liburan yakni KA Probowangi, KA Tawangalun, KA Sritanjung, KA Wijayakusuma serta KA Pandalungan," katanya.

Selain itu, KA Pandanwangi yang menghubungkan Kabupaten Jember dengan Banyuwangi juga banyak dipesan oleh para penumpang, bahkan setiap akhir pekan selalu penuh.

Ia mengimbau masyarakat yang akan menggunakan KA jarak jauh, apabila tiket pada tanggal keberangkatan maupun KA yang diinginkan telah habis, maka dapat menggunakan KA yang lain atau memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI.

"Fitur itu akan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan, sehingga penumpang tetap bisa menggunakan KA pada tanggal yang diinginkan dengan keberangkatan dari Daop 9 Jember," ujarnya.

Tidak hanya menyiapkan kereta api yang akan digunakan oleh para penumpang selama libur panjang akhir pekan ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember juga menghadirkan dekorasi dan ornamen khas Imlek di beberapa stasiun menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2575 pada 10 Februari 2024.

"KAI Daop 9 Jember memasang hiasan lampion, ornamen naga, gapura, serta berbagai pernak pernik lainnya guna semakin menghadirkan kemeriahan Imlek di stasiun," katanya.

Ornamen dan hiasan khas Imlek tersebut terpasang di Stasiun Jember, Banyuwangi Kota, dan Stasiun Ketapang.

Hal itu dilakukan dengan tujuan agar penumpang dapat merasakan nuansa Imlek saat berada di stasiun, sehingga menciptakan suasana penuh warna dan kegembiraan.

"Kami berkomitmen melayani penumpang sebaik mungkin pada libur panjang peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, nyaman, dan berkesan," ujarnya.

Baca juga: KAI Purwokerto sediakan 215.837 tiket pada libur Isra Miraj dan Imlek
Baca juga: KAI Palembang siapkan 16.618 tiket di hari libur Isra Miraj dan Imlek
Baca juga: KAI Jember: 127.654 penumpang gunakan KA saat libur Natal-tahun baru

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024