Wonogiri (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengajak warga Wonogiri, Jawa Tengah, untuk mencoblos calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka di bagian jidat pada foto cawapres tersebut di surat suara.
 
“Apa yang dicoblos? Mukanya Samsul. Bagian wajah yang mana? Jidatnya, ya? Coblos jidatnya biar tambah ganteng,” kata Kaesang di Kampanye Akbar PSI Mawar Melawan, Wonogiri, Selasa.
 
Samsul merupakan julukan yang dibuat oleh warganet kepada Gibran dikarenakan Wali Kota Solo tersebut sempat salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat saat berkampanye. Namun, Kaesang justru memanfaatkan kesalahan kakaknya menjadi bahan kampanye untuk memperkuat penamaan Gibran sebagai Samsul.
 
Ketika nama tersebut disebut, seluruh pendukung yang hadir bersorak dan ramai-ramai meneriakkan nama Prabowo-Gibran.
 
Sambutan hangat dari masyarakat membuatnya makin bersemangat untuk memperagakan cara mencoblos surat suara. Ia juga mengapresiasi sambutan yang diberikan oleh ribuan warga.
 
“(Sambutan pendukung) sangat bagus. Mereka bukan menyambut saya, itu menyambut kemenangan Pak Prabowo dan Mas Gibran,” katanya.
 
Kaesang datang ke lokasi kampanye di Lapangan Jetak Purwantoro pada pukul 15.00 WIB dan langsung menyapa para pendukung yang hadir dengan bahasa Jawa.
 
“Selamat sore, piye kabare (apa kabar)?” ucap dia.
 
Selama satu jam, Kaesang mengenalkan cara mencoblos paslon 02 dan caleg dari partai tersebut di hadapan para pendukung yang hadir mulai dari Wonogiri, Jawa Tengah hingga dari kabupaten di Jawa Timur, yaitu Ponorogo dan Pacitan. Di tengah-tengah acara, ia juga sempat memuji salah seorang relawan yang membawa spanduk dukungan bertuliskan “Arus Bawah Jokowi (ABJ) menangkan Prabowo Gibran”.

"ABJ menangkan Prabowo-Gibran. Mantap,” ujarnya sambil tersenyum.

KPU RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca juga: Kaesang sebut banyak arahan rahasia dari Jokowi buat PSI
Baca juga: Kaesang minta pendukung di Bali coblos hidung Gibran di surat suara
Baca juga: Kaesang ajak warga Jakarta "coblos" mulut Gibran

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024