Pasuruan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menyerahkan bantuan kepada warga terdampak bencana hidrometeorologi berupa banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada warga terdampak banjir di Dusun Balongrejo, Desa Kedungringin, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Selasa.

"Di lokasi ini, ketinggian air masih mencapai 50-80 centimeter. Sedikitnya, ratusan kepala keluarga terdampak banjir luapan Sungai Weranti ini," katanya.

Ia mengatakan, selain meninjau dan menyapa warga terdampak banjir, dirinya menyerahkan bantuan berupa beras sebanyak 100 kilogram, minyak goreng 30 liter, mie instan 20 dus, sarden 5 dus, makanan siap saji 5 dus, air mineral 10 dus dan terpal sebanyak 10 lembar.

Baca juga: BNPB tinjau lokasi banjir bandang Jatim minta perkuat mitigasi bencana

Baca juga: BPBD Jatim bersihkan material lumpur banjir di Pasuruan & Probolinggo


Kepada warga terdampak, Gatot Soebroto juga meminta bersabar sembari menunggu upaya penanganan banjir yang dilakukan Tim Pemprov Jatim dan Kabupaten Pasuruan.

"Mohon agar listrik yang berpotensi menimbulkan sengatan dijauhkan dari air. Arsip-arsip penting juga perlu disimpan di tempat yang aman," katanya.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga mengunjungi dapur umum LPBI NU Bangil dan Yayasan Jagat Alam Nusantara yang berlokasi di Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil.

Dapur umum yang didukung BPBD Jatim ini dalam sehari menyiapkan 100 paket nasi bungkus yang didistribusikan kepada warga Desa Kedungboto Kecamatan Beji yang juga terdampak banjir.

Ia mengatakan selain Desa Kedungringin dan Desa Kedungboto, di wilayah Kecamatan Beji, banjir luapan Sungai Weranti juga melanda Desa Cangkringmalang. Kecuali di Kecamatan Beji, banjir kali ini juga melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan, di antaranya di Kecamatan Bangil, Kecamatan Kraton, Gempol dan Kecamatan Rembang.

"Namun, di sejumlah kecamatan, kondisi banjir sudah surut dan hanya menyisakan ketinggian air sekitar 20 centimeter," katanya.

Selain di Kabupaten Pasuruan, banjir juga terjadi di Kabupaten Gresik, Lamongan, Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto.

Selama beberapa hari ini, Tim BPBD Jatim juga telah turun ke lokasi kejadian untuk melakukan asesmen dan menyerahkan sejumlah bantuan. Di antaranya, paket alat kebersihan, paket sembako, terpal, makanan siap saji, makanan tambahan gizi, gedeg bambu dan tenda.

"Semua kebutuhan logistik dan peralatan itu sengaja kita dorong ke kabupaten atau kota guna percepatan penanganan saat terjadi bencana," ujar Kalaksa Gatot Soebroto.*

Baca juga: Kementerian Sosial salurkan bantuan bagi korban bencana di Pasuruan

Baca juga: Tanggul sementara dibangun pascabanjir di Kabupaten Pasuruan

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024