Jakarta (ANTARA) - Keberadaan layanan Contack Center 151 yang dikelola Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, dinilai memberikan manfaat berupa penyampaian sejumlah informasi langsung ke masyarakat.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan mengatakan melalui layanan Contact Center 151 yang terintegrasi dengan aplikasi Omnix masyarakat dapat terhubung langsung untuk menyampaikan keluhan, kritik, dan pertanyaan melalui media whatsapp messenger, telefon, maupun electronic mail (email) berkaitan dengan pelayanan di bidang transportasi laut.

"Contact Center ini merupakan salah satu media komunikasi yang dikelola oleh Kemenhub sebagai upaya mengantisipasi perubahan teknologi informasi di era digilatisasi terutama meningkatkan pelayanan ke masyarakat secara cepat, langsung dan efektif," kata Lollan dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kemenhub resmikan Kantor UPP Bawean untuk optimalisasi layanan

Saat membuka Updating Product dan Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151 di Padang, Lollan mengatakan melalui kegiatan Updating Product dan Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151 pada kali ini, diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan layanan Contact Center 151 di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” ucap Lollan

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Wisnu Wardana menyampaikan apresiasi kepada Panitia Bagian Umum dan Perlengkapan Ditjen Hubla yang telah menyiapkan kegiatan dengan sangat baik dan penuh rasa kebersamaan sehingga dapat diikuti dari seluruh peserta dengan penuh semangat Level UP yang merupakan landasan semangat di Bagian Umum dan Perlengkapan.

Baca juga: PNBP Ditjen Hubla Kemenhub tembus Rp4,96 triliun

Sebagai informasi, bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tercatat menjadi subsektor di Kementerian Perhubungan yang memiliki traffic tertinggi pada Contact Center 151 Kemenhub periode Januari hingga Desember 2023 sebanyak 5.174 tiket atau sebesar 36,86 persen dari total Traffic Contact Center 151.

Adapun rinciannya berupa voice sebanyak 3.130 tiket, email 1.419 dan whatsApp sebanyak 625. Untuk informasi dan pengaduan terkait rencana pengoperasian kapal menjadi informasi dan pengaduan tertinggi yang diminta serta diadukan oleh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Bagian Umum dan Perlengkapan memberikan penghargaan kepada Direktorat maupun Bagian yang melakukan pelayanan publik menggunakan aplikasi.

Adapun penganugerahan aplikasi dengan pelayanan publik kategori fast response atau respon cepat diberikan kepada Direktorat Perkapalan dan Kepelautan dengan aplikasi SIMKAPEL (Sistem Informasi Manajemen Perkapalan dan Kepelautan), Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut dengan aplikasi SIMLALA (Sistem Informasi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut), dan Bagian Organisasi dan Humas dengan aplikasi SEHATI (Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi).

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024