'Kentongan Perubahan' bukan sekadar gerakan untuk memenangkan pasangan Anies-Muhaimin, melainkan menyelamatkan demokrasi Indonesia.
Jakarta (ANTARA) -
Relawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) yang tergabung dalam komunitas motor, Biker's Kentongan, membagikan kentungan gratis kepada warga di Desa Sukamulya, Bogor Timur, Jawa Barat, sembari melakukan touring motor bertajuk Ride for Change.

Ketua Biker's Kentongan Nafizul Alhafiz Rana menjelaskan kentungan merupakan simbol perjuangan sekaligus alat perlawanan atas potensi kecurangan pada Pemilu 2024. Kentungan yang dibagikan bernama Kentongan Perubahan, yang digagas Forum Masyarakat Santri Nusantara (FormasNU).
 
"Alhamdulillah, kami sudah membagikan Kentongan Perubahan sebagai simbol alarm untuk menjaga demokrasi yang sehat agar pemilu berjalan jujur dan bermartabat," kata Nafizul dalam kegiatan tersebut, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Selain membagikan kentungan, komunitas tersebut turut memberikan stiker dan baliho AMIN untuk sosialisasi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 itu kepada warga.
 
Nafizul menilai aksi Biker's Kentongan mendapat sambutan hangat warga desa. Tanpa ragu mereka langsung memukul kentungan tersebut dengan wajah bahagia.
 
"Banyak juga yang memasang kentungan di depan rumahnya sebagai tanda dukungan atas perjuangan kami," ujarnya.
 
Kentongan Perubahan, kata Nafizul, bukan sekadar gerakan untuk memenangkan pasangan Anies-Muhaimin, melainkan menyelamatkan demokrasi Indonesia yang kini dalam bahaya.
 
Usai membagikan kentungan gratis, dia mengungkapkan bahwa silaturahmi berlanjut dengan makan siang bersama penduduk desa.
 
"Penerimaan warga Sukamulya membuat kami makin semangat membagikan sebanyak mungkin kentungan. Dari desa, kami ingin menyelamatkan Indonesia," ucap Nafizul.

Baca juga: Ratusan alumni Undip siap menangkan AMIN di kandang "banteng"
Baca juga: Muhaimin: AMIN lanjutkan pembangunan jalan tol sampai Banyuwangi
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024