Jakarta (ANTARA) - Di ajang kualifikasi Piala Basket Asia (FIBA Asia Cup) 2025, timnas Indonesia akan fokus memberikan pengalaman internasional untuk para pemain muda.

Sebanyak 16 dari 24 daftar panjang pemain untuk membela tim merah putih telah melakoni latihan perdana yang berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Selasa.

"Kualifikasi (kali ini) kami benar-benar targetnya mereka (pemain muda) supaya dapat jam terbang aja gitu. Mungkin targetnya kalau saya maunya mereka bisa mencuri kemenangan dari Thailand, karena dua lawan lainnya Australia dan Korea kami akui adalah tim yang sangat solid. Tapi siapa tau mereka bisa menampilkan yang terbaik," kata Manajer timnas Indonesia Rony Gunawan kepada pewarta.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 dijadwalkan akan berlangsung dalam tiga jendela pada Februari 2024, November 2024 dan Februari 2025. Pada jendela perdana, akan berlangsung mulai 22 Februari mendatang.

Indonesia tergabung ke dalam grup A yang terdiri dari Thailand, Australia dan Korea Selatan. Perjuangan anak asuh Milos Pejic akan diawali dengan melawan Thailand yang berlangsung di Nimibutr Stadium, Bangkok, Kamis (22/2). Kemudian, Indonesia akan menjamu Australia di Jakarta pada 25 Februari mendatang.

Selain memberikan jam terbang kepada pemain muda, tim Merah Putih ditargetkan untuk memetik minimal satu kemenangan saat bersua Thailand pada pertandingan perdana grup A.

"Kami ingin mencuri kemenangan dari Thailand ... suatu misi paling mendekati bisa kita capai untuk menang. Selain itu ya agar mereka bisa tahu sampai mana kemampuan mereka tuh di ajang internasional karena selama ini mereka kurang di jam terbang dan pengalaman," urai Rony.

Baca juga: Timnas Indonesia jalani latihan perdana untuk Kualifikasi FIBA Asia
Baca juga: 2023, tahunnya bola basket Indonesia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024