selama ini kerja sama Provinsi Kembar antara Provinsi Sumut dan Provinsi Guangdong sebatas pada bidang sosial dan budaya
Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Provinsi Guangdong Tiongkok memperkuat hubungan kerja sama dengan memperluas pada bidang ekonomi.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief S Trinuhroho menjelaskan hubungan antara Pemprov Sumut dan Provinsi Guangdong sudah terjalin sejak lama melalui Program Provinsi Kembar. 

"Hubungan diplomatik Provinsi Sumut dengan Guangdong telah terjalin selama 20 tahun, saat ini sedang proses reaktivasi hubungan antara Provinsi Guangdong dengan Sumatera Utara," ujar Arief usai Resepsi Festival Musim Semi 2024 di Medan, Selasa.

Arief menyebutkan selama ini kerja sama Provinsi Kembar antara Provinsi Sumut dan Provinsi Guangdong hanya sebatas pada bidang sosial dan budaya, melalui proses reaktivasi, keduanya mengembangkan hubungan kerja sama pada sektor ekonomi.

"Kami berharap dengan hubungan sister province dapat meningkatkan jaringan kerja sama yang lain dengan Tiongkok, sebagai pemerintah kami memfasilitasi investor yang masuk ke daerah kami, sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi,” kata Arief.

Pada Oktober 2023, kata dia, delegasi Pemprov Sumut telah berkunjung ke Provinsi Guangdong China. Kedua pihak telah membahas banyak hal termasuk soal reaktivasi hubungan kedua provinsi.

Baca juga: BPS: Ekonomi Sumut tumbuh 5,01 persen pada 2023

Baca juga: Mentan sebut 50.000 hektare rawa di Sumut dijadikan sawah


"Melihat potensi pariwisata yang besar di Sumut, saya mengharapkan adanya destinasi penerbangan dari dan menuju Tiongkok. Jumlah pelancong asal Tiongkok ke Indonesia khususnya Sumut, juga cukup banyak. Maka penerbangan dari Sumut ke Tiongkok dan sebaliknya dinilai perlu diadakan kembali," sebutnya.

Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan Zhang Min mengapresiasi semua pihak yang berkontribusi atas terjaganya hubungan antara Tiongkok dengan Indonesia.

Menurutnya, hubungan antara kedua negara tersebut telah terjaga dengan baik banyak kerja sama yang tercipta, yang saling memberikan keuntungan bagi kedua negara.

“Saya mengapresiasi semua pemerintah di semua tingkatan di Sumut, yang senantiasa berupaya menyediakan lingkungan investasi dan bisnis yang baik bagi investor dari Tiongkok," ujarnya.

Baca juga: Sumut genjot pertumbuhan ekonomi dengan pertanian hingga infrastruktur

Baca juga: Penerbangan Doha-Sumut tingkatkan ekonomi

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024