Saya kasih waktu sampai sembilan bulan ke depan. Jadi per tiga bulan akan kita evaluasi, jalan apa belum
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta seluruh pimpinan satuan kerja Kementerian Agama (Kemenag) menandatangani Pakta Integritas untuk menjalankan program 2024.
 
"Semua pimpinan Unit Eselon I menandatangani Pakta Integritas untuk membuat program yang berdampak luas bagi masyarakat. Saya minta ini harus dilaksanakan," kata Menag dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.
 
Penandatanganan Pakta Integritas ini menjadi momen puncak pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag 2024.
 
Menurut Yaqut, salah satu poin dalam Pakta Integritas itu adalah siap untuk dicopot dari jabatan bila tidak mampu melaksanakan program yang berdampak luas pada masyarakat dalam sembilan bulan ke depan.
 
Menag menjelaskan, program-program yang tercantum dalam Pakta Integritas merupakan hasil dari diskusi yang dilaksanakan sepanjang Rakernas Kemenag 2024.
 
Penandatanganan ini juga diambil untuk memastikan jajarannya dapat meninggalkan warisan yang berdampak luas pada masyarakat.
 
"Saya kasih waktu sampai sembilan bulan ke depan. Jadi per tiga bulan akan kita evaluasi, jalan apa belum. Kalau tidak jalan, akan ada treatment untuk para pejabat eselon satu," katanya.
 
Setiap unit eselon I, katanya, memiliki program kerja yang telah disepakati. Hal ini selanjutnya akan dilaksanakan hingga daerah oleh Kanwil Kemenag, Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, hingga Balai ataupun Unit Pelaksana Teknis (UPT).
 
"Program kerjanya sendiri banyak hal. Salah satunya, kalau di Ditjen Pendidikan Islam kita ingin memacu supaya tiga juta anak madrasah itu paham tentang numerik, maka kita masukan program GASING. Kalau di Bimas Islam ada program BKM -Badan Kesejahteraan Masjid- yang berperan dalam urusan kemasjidan dan keumatan, dan sebagainya," katanya.
 
Ia optimistis seluruh jajarannya dapat melaksanakan berbagai program tersebut tepat waktu.
 
"Ini sudah didiskusikan selama 15 jam nonstop, saya yakin bisa terselesaikan karena ukurannya juga kita buat, step by step-nya, roadmap-nya, timeline-nya," kata Yaqut.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024