Dari hasil pengecekan, Ibu Supiani mengalami Nystaghmus sekunder bawaan. Hal ini bisa disebabkan oleh gloukoma akibat tekanan bola mata tinggi yang mengakibatkan penglihatan mata sebelah kanannya makin turun
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Margo Laras Pati memberikan bantuan Asistensi Rehabilitas Sosial (ATENSI) bagi Supiani (46) yang mengalami kelainan syaraf mata agar dapat kembali melihat secara normal pada Rabu.
 
Dalam keterangan Kemensos yang disiarkan di Jakarta, Supiani yang tinggal di Desa Katonsari, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, tersebut telah mengalami gangguan syaraf mata sejak remaja.
 
Oleh karena itu Kemensos segera melakukan beberapa intervensi dengan melakukan pendampingan rujukan ke Poli Mata RSUD Sunan Kalijaga Demak untuk memberikan obat serta terapi yang dapat mengatasi nyeri di bagian tangan serta di bagian kepala Supiani
 
“Dari hasil pengecekan, Ibu Supiani mengalami Nystaghmus sekunder bawaan. Hal ini bisa disebabkan oleh gloukoma akibat tekanan bola mata tinggi yang mengakibatkan penglihatan mata sebelah kanannya makin turun,” ucap Dokter Mata RSUD Sunan Kalijaga Demak Deby Armawati yang memeriksa Supiani saat itu.

Baca juga: Semangat penderita liver Mulyadi bangkit berkat dukungan Kemensos 
 
Deby lantas merekomendasikan Supiani untuk melakukan rujukan ke dokter spesialis mata di Poli Mata RSUP Kariadi Semarang.
 
Tidak hanya Supiani, Kemensos juga mendampingi pengecekan kesehatan Ahmad (18), anak Supiani, yang mengalami disabilitas ganda yakni disabilitas intelektual dan mental di RSUD Sunan Kalijaga Demak.
 
Ahmad pun dievakuasi ke Sentra Margo Laras di Pati untuk mendapatkan layanan rehabilitasi sosial dan perawatan.
 
Sebelumnya Supiani sempat berobat ke puskesmas, namun tidak dapat melakukan pengobatan lanjutan karena terkendala biaya.

Baca juga: Kemensos beri pendampingan penuh bagi korban rudapaksa ayah tiri 
 
“Sudah dua minggu mata kanan gak bisa lihat sama sekali,” ucap Supiani ketika ditanya perihal kondisinya.
 
Usai berdialog dengan Supiani, Kemensos berjanji akan memberikan bantuan kewirausahaan berupa peralatan dan bahan masak, karena ia ingin membuka warung makan.
 
Di samping itu Kemensos akan terus memberikan pendampingan kepada Supiani terkait pengobatan lanjutan ke Poli Mata RSUP Kariadi Semarang.
 
Supiani berharap berbagai langkah yang dilakukan Kemensos itu dapat membuatnya kembali melihat secara normal.

Baca juga: Kemensos beri bantuan ATENSI bayi pengidap penyakit otak
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024