Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera memperbaiki jalan rusak di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, untuk mencegah kecelakaan.

“Ini harus segera diperbaiki, ini permasalahannya di jalan protokol nih, di ring satu lagi,” kata Kenneth kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Kenneth menuturkan kondisi ruas jalan berlubang atau rusak di Jakarta yang terkena dampak intensitas hujan belakangan ini menuai sorotan masyarakat.

Ia menyayangkan banyak jalan rusak dan berlubang terutama di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, yang dikhawatirkan mencelakai pengguna jalan.

“Prinsipnya, kita pemerintah harus membuat program kerja yang benar dengan apa yang masyarakat inginkan. Jangan sampai terjadi hal buruk kepada masyarakat, khususnya akibat jalanan yang rusak dan berlubang,” tegasnya.

Selain itu, Kenneth juga meminta masyarakat ikut mengawasi kondisi jalan protokol di ibu kota sehingga setiap kerusakan bisa diatasi dalam waktu cepat.

“Sudah ada wadahnya, seperti Cepat Respon Masyarakat (CRM), Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan), Aplikasi Jakarta Kini (JAKI), sehingga masyarakat bisa langsung melaporkan lewat itu semua,” jelasnya.

Baca juga: Dinas Binamarga DKI perbaiki 5.328 titik lubang jalan selama hujan

Dinas Bina Marga DKI Jakarta sendiri tengah berupaya mengatasi jalan rusak atau berlubang selama musim hujan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Dinas Bina Marga DKI telah menginstruksikan jajaran di tingkat provinsi hingga kecamatan agar melakukan pemantauan tanpa menunggu aduan atau laporan masyarakat.

Penanganan jalan berlubang dilakukan dengan tambal cepat menggunakan metode aspal campur dingin (coldmix) dan aspal campur panas (hotmix). Nanti ketika memasuki musim kemarau baru dilakukan perbaikan secara permanen.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta memperbaiki sebanyak 5.328 titik lubang jalan dan jalan rusak selama musim hujan agar pengguna jalan terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

"Kami perbaiki selama musim hujan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Legislator minta DKI fokuskan anggaran jalan rusak demi aspirasi

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024