Bandung (ANTARA News) - Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) menggandeng sejumlah restoran ternama di sejumlah kota Australia sebagai media promosi untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Indonesia.

"Australia merupakan negara dengan potensi wisatawan ke Indonesia terbesar, promosi terus dilakukan dengan menggandeng sejumlah restoran ternama di sana," kata Ketua BPPI Yanti Sukamdhani pada sosialisasi BPPI di Bandung, Rabu.

"Selain menyebarkan brosur, pamflet dan banner, kami juga memasang layar LCD yang menayangkan potensi wisata, seni budaya, produksi serta beberapa hal lainnya terkait daya tarik wisata di Nusantara," kata dia.

Yanti menyebutkan usaha BPPI tersebut berbuah cukup positif dalam hal kunjungan wisatawan maupun terjalinnya kemitraan dengan pelaku usaha wisata di Negeri Kanguru itu.

BPPI juga menjalin sinergi dengan Kedubes Ri di Canberra maupun para pelaku wisata serta komunitas di negeri itu. BPPI juga terdorong dengan kehadiran maskapai penerbangan Garuda yang punya penerbangan ke berbagai kota strategis di Australia.

"Terakhir Garuda membuka rute Jakarta - Brisbane, itu jelas memberikan dampak bagi kunjungan ke Indonesia, sebelumnya ada penerbangan langsung ke Melbourne, Perth dan Sydney," kata dia.

Strategi promosi wisata dengan menggandeng komunitas juga dilakukan di negeri-negeri yang potensial seperti China, Jepang, Malaysia, Singapura dan sejumlah negara lainnya di ASEAN.


Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013