Extra flight yaitu 18 rute keberangkatan dan 19 rute kedatangan...
Denpasar (ANTARA) - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencatat saat ini sudah ada belasan pengajuan penerbangan tambahan dari sejumlah maskapai domestik pada momen libur panjang Isra Mikraj hingga Imlek 8-11 Februari 2024.

“Extra flight yaitu 18 rute keberangkatan dan 19 rute kedatangan, masing-masing adalah rute domestik Jakarta, Makassar, Surabaya, Lombok, Banjarmasin, Yogyakarta, Solo dan Tambolaka,” kata General Manager I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, di Denpasar, Rabu.

Adapun maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan adalah Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Lion Air, Super Air Jet, Indonesia Air Asia, dan NAM Air.

“Pengajuan penerbangan tambahan tersebut turut menjadi perhatian kami dengan lebih intensif memastikan operasional dapat berjalan baik, termasuk dari sisi pengaturan slot penerbangan, keamanan, keselamatan, maupun kenyamanan para penumpang,” ujar Handy.

Melihat banyaknya pengajuan penerbangan tambahan di Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam 4 hari, Handy memprediksi adanya lonjakan pengguna transportasi udara.

Ia memprediksi jumlahnya mencapai 241.133 penumpang atau rata-rata 60 ribu penumpang per hari, angka ini lebih tinggi 4 persen dibanding pergerakan penumpang pada pekan pertama Februari dengan rata-rata 57.853 penumpang per hari.

Prediksi tersebut dilihat sesuai dengan karakteristik penumpang yang bepergian ke Bali untuk berlibur dan diperkirakan akan memanfaatkan hari libur nasional dan cuti bersama untuk berwisata.

"Kami memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik penumpang pada momen libur panjang di pekan ini, mengingat ada tanggal merah dan cuti bersama serta mungkin ada yang mengambil waktu cuti setelahnya, sehingga kami mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang,” ujarnya pula.

Hingga saat ini Handy belum melihat lonjakan jumlah penumpang di Bandara Ngurah Rai, namun perkiraannya puncak kedatangan baru akan sangat terasa pada Jumat, 9 Februari 2024.

Berkaca dari data penumpang pesawat, saat itu diprediksi jumlah penumpang domestik akan mencapai 13.187 dan internasional 16.589 penumpang.

Sementara itu, puncak keberangkatan akan terasa usai berakhirnya libur panjang, yaitu Minggu, 11 Februari 2024 dengan perkiraan 16.244 penumpang domestik dan 19.380 penumpang internasional.

Untuk meningkatkan kepuasan pengguna transportasi udara, bandara di Bali Selatan ini berencana menghadirkan pertunjukan tematik berupa pertunjukan barongsai dan permainan serta hiasan ornamen Imlek yang telah dipasang di berbagai titik di bandara saat perayaan Tahun Baru Imlek.
Baca juga: Imigrasi di Bali fungsikan autogate di Bandara Ngurah Rai
Baca juga: Bandara Ngurah Rai Bali jadi bandara tersibuk AP I sepanjang 2023

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024