Melihat kondisi masyarakat di Papua Tengah saat ini tentunya perlu adanya perhatian serius dari OPD dalam peningkatan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan warga
Jayapura (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk meminta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah terus membuat program yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Orang Asli Papua (OAP) setempat.

“Melihat kondisi masyarakat di Papua Tengah saat ini tentunya perlu adanya perhatian serius dari OPD dalam peningkatan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” katanya dalam siaran pers di Jayapura, Rabu.

Menurut Ribka, untuk itu melalui kegiatan identifikasi wirausaha pemula dan pelatihan bisnis yang telah dilakukan oleh Dinas Administrasi dan Kependudukan Catatan Sipil, PMK bagi masyarakat kampung diharapkan dapat meningkatkan perekonomian setempat.

“Saya harap bukan hanya dari Dinas Administrasi dan Kependudukan Catatan Sipil, PMK namun juga dari instansi terkait lainnya membuat program peningkatan kesejahteraan,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan daerah yang baru dimekarkan ini dapat mempermudah dan mempercepat pertumbuhan ekonomi serta mensejahterakan masyarakat yang ada di Papua Tengah.

“Sehingga perlu dilakukan langkah strategis yang sesuai dengan karakteristik masyarakat dan kearifan lokal pada delapan kabupaten,” katanya.

Dia menambahkan salah satunya memberikan bantuan alat pertanian dan boks kontainer bagi pedagang mama-mama Papua.

"Kami harap bantuan diberikan ini dapat meningkatkan kualitas dari produk sehingga dapat bersaing dengan pelaku usaha yang ada di luar Papua Tengah," ujarnya.

Baca juga: Papua Tengah jadi DOB dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi pada 2023

Baca juga: Penjabat Gubernur Papua Tengah menyerahkan DPA 2024 sebesar Rp4,8 T


 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024