Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan di wilayahnya agar tidak banyak lagi masyarakat berobat ke luar negeri.

"Pemerintah Provinsi Sumut sedang meningkatkan fasilitas kesehatan. Dengan bertambahnya kualitas pelayanan kesehatan, diharapkan masyarakat tidak lagi banyak berobat ke luar negeri," ujar Hassanudin usai mendatangi Presiden Joko Widodo saat meninjau di RSUD Kumpulan Pane, di Tebingtinggi, Rabu.

Dalam upaya peningkatan, Hassanudin menjelaskan bahwa Pemprov Sumut tengah menargetkan lima tower Rumah Sakit Haji Medan yang merupakan bentuk komitmen agar masyarakat mengutamakan berobat di Sumut ketimbang ke luar negeri.

"Salah satunya di RSU Haji Medan, kita ingin masyarakat dapat menikmati layanan kesehatan dengan optimal," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Hassanudin mengatakan presiden dapat melihat fasilitas rumah sakit yang ada di Sumut. Dengan harapan, fasilitas dan pelayanan rumah sakit dapat lebih meningkat.

“Presiden sudah melihat salah satu fasilitas rumah sakit, usai kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan fasilitas kesehatan yang sudah dilihat Presiden," sebutnya.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Joko Widodo berserta rombongan langsung meninjau dan mengecek segala fasilitas yang dimiliki RSUD Kumpulan Pane, mulai dari bangunan hingga pelayanan.

“Saya selalu berkunjung di kota dan kabupaten lain, mengecek pelayanan kesehatan, cek fasilitas rumah sakit, cek gedung rumah sakit, cek pendaftaran pasien, cek layanan BPJS, seperti apa kecepatannya, itu yang selalu dilihat,” ujar Presiden Joko Widodo.

Menurut Presiden, RSUD Kumpulan Pane memiliki peran strategis yang menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Tebingtinggi dan sekitarnya.

“Di rumah sakit ini dari kabupaten sekitar banyak berdatangan, tadi banyak dilihat, jumlah pasien cukup banyak,” kata Jokowi.

Meski banyak, dikatakan Presiden Jokowi, rumah sakit Kumpulan Panen masih perlu menambah kapasitasnya karena banyak warga luar Tebingtinggi yang datang ke rumah sakit tersebut.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta Pemerintah Daerah untuk membuat proposal penambahan kapasitas dan fasilitas rumah sakit tersebut.

“Saya sampaikan tadi dibuatkan proposalnya, nanti dibangun Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024