Ternyata sekarang petani itu masih banyak yang berutang kepada negara.
Jakarta (ANTARA) - Cawapres RI Mahfud Md. bersama capres Ganjar Pranowo berkomitmen untuk menghapus utang nelayan dan petani akibat kredit macet dari kredit usaha rakyat (KUR) pemerintah yang nominalnya secara nasional mencapai Rp687 miliar.

Mahfud menyatakan hal itu saat menyapa masyarakat dalam acara Doa Bersama dan Gebyar Budaya di Desa Sumberrejo, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu.

"Kalau Ganjar-Mahfud terpilih, utang ini semua akan dibebaskan oleh Negara agar petani tetap bisa tumbuh berusaha dengan wajar, mulai lagi bertani dengan baik. Begitu juga dengan nelayan," kata Mahfud dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Di samping utang tersebut, masyarakat petani dan nelayan makin menjerit akibat bantuan seperti pupuk subsidi dan solar bagi nelayan tidak tepat sasaran.

"Saudara, ternyata sekarang petani itu masih banyak yang berutang kepada negara karena pertaniannya tidak maju. Bantuan pupuknya tak sampai. Nelayan juga begitu, diberi bantuan solar tidak sampai," jelas Mahfud.

Bersama Ganjar Pranowo, Mahfud akan mengoptimalkan pendataan untuk memudahkan distribusi bantuan subsidi untuk petani dan nelayan lebih tepat sasaran melalui KTP Sakti.

Baca juga: Mahfud sebut tidak korupsi karena takut dengan hukuman batin
Baca juga: Purnawirawan Polri siap menangkan Ganjar-Mahfud MD dalam Pilpres 2024


Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024