Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan mengajukan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Konsultan Pajak masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas).

"Kalau memang RUU Konsultan Pajak ini diperlukan, tentu saja bisa kita ajukan masuk prolegnas, program legislasi nasional," kata Mahfud dalam acara Tabrak, Prof! di Pos Bloc, Jakarta, Rabu malam (7/2).

Mahfud setuju jika RUU Konsultan Pajak disahkan menjadi undang-undang.

"Ya, kalau cuma mengesahkan undang-undang, gampang. Pasti saya setuju," tambahnya.

Baca juga: Mahfud tegaskan bansos hak rakyat, bukan kedermawanan pemerintah

Namun demikian, dia mengingatkan bahwa kejahatan di dunia perpajakan dan kepabeanan termasuk kejahatan luar biasa.

"Tetapi, Saudara harus tahu, bahwa kejahatan di dunia perpajakan itu luar biasa, dunia perpajakan dan kepabeanan. Itu yang kemarin saya bongkar uang pencucian uang dari kepabeanan dan pajak, itu sebanyak Rp349 triliun," jelas mantan menko polhukam itu.

Mahfud menyebutkan salah satu modus operasi kejahatan perpajakan dan kepabeanan adalah dengan memalsukan dokumen importasi.

"Caranya itu tidak sulit. Memalsukan dokumen importasi emas, misalnya. Orang impor emas 3 ton, ditulis 30 kilogram; sehingga bebas pajaknya, dibagi dengan pegawai Bea Cukai," ungkapnya.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud minta restu Mangkunegara X kampanye di Surakarta

Selain itu, lanjutnya, modus kejahatan perpajakan adalah bermain dengan konsultan pajak.

"Saya, misalnya, datang, Pak, bisa enggak dikurang pajak saya? Bisa, sana ke konsultan pajak sana berapa benernya. Lalu, konsultan pajak sudah main dengan kita, diturunkan dari Rp50 miliar jadi Rp40 miliar, Rp40 miliar dibagi dua. Itu cara korupsi di dunia perpajakan. Apakah benar begitu? Sudah ada yang dihukum, namanya Gayus Tambunan, Rafael Alun, Angin Prayitno, mereka melakukan cara-cara yang seperti itu," ujar Mahfud.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Mahfud setuju koruptor dapat dihukum mati

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024