Washington (ANTARA News) - Defisit Amerika Serikat turun 35 persen menjadi 755 miliar dolar AS dalam 11 bulan pertama tahun fiskal 2013, setelah membukukan pengurangan 148 miliar dolar AS pada Agustus, kata Departemen Keuangan, Kamis.

Meskipun lebih besar dari rata-rata kesenjangan pengeluaran bulanan, defisit Agustus 22,5 persen lebih rendah dari Agustus 2012, dibantu oleh sedikit kenaikan penerimaan terhadap penurunan tajam dalam pengeluaran, demikian laporan AFP.

Penurunan 35 persen selama 11 bulan pertama dari periode yang sama pada tahun fiskal 2012 terjadi karena penerimaan naik 13,0 persen menjadi 2,47 triliun dolar AS, sementara pengeluaran turun 3,9 persen menjadi 3,19 triliun dolar AS.

Meskipun mencatat kenaikan dalam mempersempit defisit dari tertinggi tahun penuh 2009 sebesar 1,4 triliun dolar AS, pemerintahan Presiden Barack Obama menghadapi "pertempuran" yang sulit dengan anggota Kongres Partai Republik dalam beberapa minggu mendatang untuk meloloskan rencana keuangan baru untuk tahun fiskal 2014, yang dimulai pada 1 Oktober.

Partai Republik mengancam menolak anggaran untuk pemangkasan pengeluaran lebih lanjut dan reformasi kesehatan Obama.

Tetapi pertarungan itu mengancam untuk menutup sebagian dari anggaran pemerintah jika anggaran baru tidak dapat disahkan.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013