Kalau ada kotoran-kotoran yang tersisa akibat acara itu, kami berkomitmen akan membangun sukarelawan sebanyak-banyaknya untuk melakukan aksi-aksi kebersihan
Jakarta (ANTARA) -
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka disebut akan memimpin aksi bersih-bersih usai kampanye akbar bertajuk Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (10/2).
 
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menyebut Gibran akan memimpin aksi bersih-bersih yang akan dilakukan bersama pemengaruh (influencer), pesohor tanah air, hingga relawan yang hadir.
 
"Kami berkomitmen dua jam setelah acara, kami dari panitia dan nanti akan dipimpin Mas Gibran langsung bersama para pemengaruh dan artis-artis dan relawan kami untuk melaksanakan aksi kebersihan di kawasan GBK," kata Nusron di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis.
 
Menurut Nusron, aksi itu dilaksanakan agar kampanye akbar Prabowo-Gibran tidak meninggalkan masalah dan mengganggu ketenangan masyarakat.
 
"Kalau ada kotoran-kotoran yang tersisa akibat acara itu, kami berkomitmen akan membangun sukarelawan sebanyak-banyaknya untuk melakukan aksi-aksi kebersihan," tutur dia.

Baca juga: TKN: Keadaan Prabowo sangat sehat

Baca juga: TKN klaim setengah juta orang daftar kampanye akbar di GBK

Baca juga: TKN sebut SBY dan menteri dukung Prabowo-Gibran hadiri kampanye akbar
 
Nusron mengklaim bahwa setengah juta atau 500.000 orang telah mendaftar untuk hadir pada kampanye akbar. Untuk itu, dia mengingatkan masyarakat yang akan hadir untuk menjaga ketertiban dan mematuhi ketentuan kampanye dengan tidak membawa anak-anak.
 
Kampanye akbar Prabowo-Gibran direncanakan berlangsung mulai pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Namun begitu, pintu masuk sudah dibuka mulai pukul 12.30 WIB.
 
Pihak penyelenggara, kata Nusron, telah mengakomodasi pedagang di sekitar GBK untuk berjualan di pusat makanan. Peserta kampanye bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk makan secara gratis maupun berbayar.
 
Selain pusat makanan, TKN Prabowo-Gibran juga menyediakan klinik medis mikro untuk mengantisipasi peserta kampanye yang jatuh sakit.
 
Kampanye akbar itu juga dijadwalkan bakal dihadiri oleh sejumlah pesohor tanah air, di antaranya Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Kiki Saputri, Lesti Kejora, Rizky Billar, dan Rachel Vennya, Dewa 19 Feat Ello dan Ari Lasso, Andre Taulany, Atta Halilintar, dan Aurel Hermansyah.
 
KPU RI menetapkan tiga pasangan calon sebagai peserta Pemilu 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 
Masa kampanye pun ditetapkan oleh KPU berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, diikuti masa tenang pada 11–13 Februari 2024. Pemungutan suara presiden-wakil presiden dan anggota legislatif berlangsung serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024