Jakarta (ANTARA) - Obesitas pada masa kanak-kanak dapat dicegah dengan memastikan ibu hamil menerima nutrisi yang baik sebelum dan selama periode kehamilan.

Penelitian yang diterbitkan dalam BMC Medicine, menemukan bahwa ketika ibu mengonsumsi suplemen dengan kandungan probiotik, myoinositol serta vitamin B2, B6, B12 dan D sebelum melahirkan, dapat meminimalisir terjadinya kenaikan berat badan dan obesitas pada anak di usia 2 tahun.

"Temuan ini menunjukkan periode sebelum dan selama kehamilan dapat menjadi kesempatan khusus, yakni waktu ketika ibu mendapatkan asupan gizi yang lebih maka dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi anak mereka," kata kepala tim peneliti, Profesor Keith Godfrey dari University of Southampton dan NIHR Southampton Biomedical Research Center dikutip dari Medical Daily, Kamis.

Baca juga: Ibu hamil boleh puasa asal asupan nutrisi dan kalori tetap terpenuhi

Baca juga: Pola makan untuk ibu hamil, ini yang boleh dan dilarang


Riset itu melibatkan 500 partisipan yang secara acak dibagi menjadi dua kelompok, di mana satu kelompok menerima suplemen nutrisi yang diperkaya, sementara kelompok lain menerima suplemen kehamilan standar.

Para peneliti memeriksa berat badan anak-anak mereka pada usia 2 tahun. Mereka menemukan bahwa kemungkinan obesitas anak-anak yang lahir dari ibu dalam kelompok penerima suplemen nutrisi yang diperkaya, lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang menerima suplemen standar yakni 9 persen berbanding 18 persen.

Selain itu, anak-anak dari ibu yang menerima asupan nutrisi lebih banyak hampir 25 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami kenaikan berat badan yang cepat setelah lahir.

Anggota tim peneliti, Shiao Yng Chan dari National University of Singapore menerangkan, ketika anak berada di masa pertumbuhan, hal-hal yang terjadi pada tubuhnya saat berada di dalam kandungan dapat memberikan pengaruh.

Peristiwa ini disebut pemrograman janin dan dapat mempengaruhi bagaimana anak bereaksi terhadap gaya hidup yang tidak sehat, seperti makan banyak makanan berlemak dan tidak cukup berolahraga.

"Ini dapat membuat beberapa anak lebih mungkin menjadi kelebihan berat badan," tambahnya.

Baca juga: Anemia pada ibu hamil dapat pengaruhi kecerdasan anak yang dilahirkan

Baca juga: Dokter gizi ingatkan pentingnya asupan nutrisi pada 1000 HPK anak

Baca juga: Delapan gizi penting yang harus dipenuhi ibu hamil

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024