Pangkalpinang (ANTARA) - Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membangun Rumah Sehat Bio Energy, guna meningkatkan kualitas kesehatan dan kemandirian anak berkebutuhan khusus di daerah setempat.

"Kita berharap dengan adanya rumah sehat ini, anak-anak disabilitas lebih sehat pikiran, jasmani, dan rohaninya," kata Ketua Pembina YPAC Pangkalpinang Andy Fikri di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan pembangunan Rumah Sehat Bio Energy khusus untuk olahraga, olah gerak, dan napas bagi anak-anak disabilitas dan para pengurus, pembina anak-anak berkebutuhan khusus ini, agar mereka lebih sehat mengikuti pembelajaran dan pembinaan di sekolah.

"Sebelumnya kami juga telah membangun rumah tumbuh kembang anak dan diharapkan pembangunan dua rumah berjalan seiring sejalan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta kesehatan anak-anak ini," katanya.

Ia menyatakan pembangunan dua rumah ini tidak sekadar dikukuhkan, tetapi betul-betul berjalan dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya anak-anak berkebutuhan khusus tersebut.

"Kami berharap dukungan pemerintah provinsi dan kota agar dua rumah khusus anak-anak disabilitas ini maksimal," katanya.

Menurut dia selama ini, operasional YPAC Kota Pangkalpinang hanya mengandalkan donasi dari donatur karena belum memiliki dana abadi dari pemerintah pusat dan daerah.

"Saat ini kami belum membuka diri untuk memberikan terapi kepada anak-anak disabilitas di Provinsi Kepulauan Babel, tetapi hanya dikhususkan untuk anak di YPAC Pangkalpinang, karena keterbatasan anggaran," katanya. 

Baca juga: Pendidikan anak disabilitas dibahas pimpinan YPAC se-Indonesia

Baca juga: YPAC sambut baik layanan paspor penyandang disabilitas

Baca juga: ITDC serahkan perlengkapan belajar untuk anak berkebutuhan khusus

Pewarta: Aprionis
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024