Jakarta (ANTARA) - Proses distribusi logistik Pemilu 2024 di Jakarta Selatan (Jaksel) hingga saat ini  telah mencapai 80-90 persen.

"Distribusi sebesar itu. Kini, kami sedang proses 'setting' (atur) , 'packing' (pengepakan) dan 'loading' (pemuatan), finalisasi tiga tahapan untuk logistik," kata Ketua KPU Jakarta Selatan Muhammad Taqiyuddin di Jakarta, Jumat.

Taqiyuddin mengatakan bahwa saat ini logistik Pemilu 2024 sudah bergeser ke gudang KPU Kota yang ada di 10 kecamatan daerah itu, setelah sebelumnya terpusat gudang di Pancoran.

Menurut dia, dengan kondisi persiapan pendistribusian logistik sudah mencapai 80-90 persen ini, maka diharapkan pada H-1 pemungutan suara bisa 100 persen.

"Persiapan pemilu sudah 80-90 persen. Kalau pendistribusian ke tempat pemungutan suara atau TPS itu mulai dari H-3 dan maksimal H-1," katanya. 

Baca juga: KPU Pulau Seribu sebut pengiriman logistik terjauh ke Pulau Sabira

Ia menambahkan bahwa pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Jakarta Selatan tidak menjadi masalah karena rerata daerahnya bisa diakses oleh kendaraan.

Meskipun kata Taqiyuddin, ada beberapa TPS yang tempatnya susah dijangkau kendaraan truk karena berada di dalam gang sempit, namun jumlahnya tidak banyak.

"Kalau wilayah selatan memang terlihat wilayah perkantoran dan banyak jalan umum yang dapat dilalui kendaraan untuk mengirim logistik ke TPS," katanya.

Daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 di Jakarta Selatan mencapai 1.766.049 pemilih yang ditetapkan melalui surat keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Selatan nomor 64 tahun 2023.

Sementara itu, untuk jumlah surat suara yang diterima oleh KPU Jakarta Selatan mencapai tujuh juta lebih yang terdiri dari surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI dan DPRD DKI.

Baca juga: KPU Kepulauan Seribu sebar surat suara ke sejumlah pulau pada Senin

Selain surat suara, logistik pemilu lainnya adalah formulir penghitungan dan rekapitulasi, bilik, tinta dan alat coblos.

Data KPU Jaksel menyebut, jumlah kotak surat suara yaitu 26.880, bilik suara sebanyak 26.860, tinta sebanyak 13.430 dan segel plastik pengganti gembok sebanyak 141.015.


 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024