Ada 1.300-an pemilih
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Seribu berencana mengirim logistik Pemilu 2024 ke tempat pemungutan suara (TPS) Khusus di wilayah tersebut pada Selasa (13/2).

"Ada delapan TPS khusus yang logistiknya, saat ini masih di Gedung Mitra Praja Sunter Jakarta Utara," kata Ketua KPU Kepulauan Seribu Iman Cahyadi di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, TPS khusus itu ada di Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) dan Pertamina Hulu Energi Offshore South East Sumatra (PHE OSE).

Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus itu bertujuan melayani pemilih yang bekerja di lokasi tersebut.

"Ada 1.300-an pemilih yang tersebar di delapan TPS khusus tersebut," katanya.

Baca juga: Distribusi logistik Pemilu 2024 di Jaksel capai 90 persen

Sebelumnya, KPU Kepulauan Seribu mengirimkan logistik Pemilu 2024 dari Dermaga Marina Ancol ke Pulau Pramuka pada Jumat pagi.

Logistik Pemilu itu terdiri dari surat suara untuk 22.515 pemilih, 320 kotak suara dan 320 bilik suara.

"Semua logistik sudah dikemas dan setelah sampai di Pulau Pramuka akan dikemas kembali sesuai kebutuhan di pulau," kata dia.

Menurut dia, kondisi geografis Kepulauan Seribu terdiri dari gugusan pulau sehingga yang paling berisiko dalam pengiriman logistik adalah cuaca.

"Maka butuh perjuangan teman-teman di kapal untuk mengantarkan logistik," kata dia.

Baca juga: KPU Pulau Seribu sebut pengiriman logistik terjauh ke Pulau Sabira

Ia mengatakan, perjalanan pulau-pulau lain dari Pulau Pramuka maksimal dua jam perjalanan seperti Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Untung Jawa, Pulau Kelapa dan lainnya maksimal dua jam perjalanan.

"Sementara ke Pulau Sabira memang butuh perjalanan panjang mencapai enam jam," katanya.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk prakiraan cuaca dalam perjalanan nanti.

"Biasanya cuaca itu 'flat', jika pagi pasang maka sore air akan surut. Kami menyesuaikan iklim keadaan. Kalau memang nanti laut bersahabat pas siang, kita jalannya siang," kata dia.

Sebelumnya Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Jarot mengatakan enam kapal mengawal pengiriman logistik pemilu dari Dermaga Marina Ancol Jakarta Utara menuju Pulau Pramuka Kabupaten Kepulauan Seribu pada Jumat pagi.

Baca juga: Pemprov DKI kerahkan 3.838 personel Satpol PP amankan proses pemilu

"Logistik pemilu ini diangkut dengan kapal kayu (tradisional) dengan nama lambung Miles dengan kecepatan 10 knot," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024