Kegiatan pendukung Hajatan Rakyat Akbar ini diselenggarakan di 14 titik di berbagai penjuru Kota Solo
Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud akan mengakhiri masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan menggelar Hajatan Rakyat Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2), di 14 titik berbagai penjuru kota Solo.

"Kegiatan pendukung Hajatan Rakyat Akbar ini diselenggarakan di 14 titik di berbagai penjuru Kota Solo, mengusung tema 'Pundak Harapan Rakyat, Hajatan Rakyat'. Hajatan Rakyat dimulai pada Sabtu pagi," kata Deputi Kanal Media TPN Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, dikutip dari keterangan resmi, Jakarta, Jumat.

Karaniya menyampaikan tiga pesan penting yang disampaikan dalam Hajatan Rakyat, yaitu pentingnya kecintaan rakyat kepada pemimpin, menjaga dan merawat demokrasi sebagai budaya bangsa, serta merapatkan barisan untuk menegakkan kesakralan demokrasi ke seluruh negeri.

Salah satu rangkaian kegiatan Hajatan Rakyat yang menarik, lanjut dia, adalah meruwat Balai Kota Surakarta sebagai simbol kekuasaan saat ini. Acara ruwatan tersebut dimaksudkan sebagai simbol cinta rakyat Solo Raya kepada pemimpin, dan revolusi cinta dilakukan agar segala keburukan serta gangguan di pusat kekuasaan kembali mendapatkan keselamatan, kewarasan, dan ketenteraman.

Ruwatan dalam tradisi masyarakat Jawa adalah permintaan tulus yang dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terbebas dari segala bentuk bahaya dan bencana, serta untuk mendapatkan keselamatan dan kebaikan dalam menjalani kehidupan.

Baca juga: Ratusan ribu pendukung Ganjar-Mahfud hadiri Hajatan Rakyat Banyuwangi

Baca juga: Ganjar sebut rakyat sering sakit hati karena pemimpin tak amanah

Baca juga: Megawati soroti pejabat berkampanye pakai fasilitas negara 


"Dalam ruwatan, ada beberapa ritual pendukung seperti lakon wayang, sesajen, bunga, dan barang-barang lainnya yang dianggap dapat mendukung tercapainya maksud dari ruwatan. Meruwat Balai Kota berarti membersihkan Balai Kota yang merupakan simbol kekuasaan dari segala macam bentuk kotoran, kesialan, bencana, dan bahaya, dengan harapan dapat menjadikan kekuasaan kembali berpihak terhadap rakyat Solo," ujar dia.

Kampanye di Solo juga akan menghadirkan kegiatan senam zumba, atraksi parade reyog, barongsai, liong, lembu suro, hingga pagelaran wayang orang yang sarat budaya Jawa. Kirab juga menjadi bagian penting dalam acara tersebut dengan menggelar berbagai pertunjukan, dimulai dari Jalan Ngarsopuro menuju Benteng Vastenburg.

Sejumlah seniman, musisi, penyanyi, dan selebriti lokal maupun nasional disebut akan meramaikan kegiatan Hajatan Rakyat di Solo.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan kampanye Pilpres 2024 dimulai pada 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024.

Pasangan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md mengawali kampanye di Sabang (Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam) dan Merauke (Provinsi Papua Selatan). Duet Ganjar-Mahfud mengakhiri masa kampanye Pilpres 2024 dengan menggelar Hajatan Rakyat di Kota Solo dan Kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024