Pesisir Barat memiliki daerah terpencil dan terisolasi yang akses jalan menuju daerah itu cukup sulit tidak bisa ditempuh menggunakan kendaraan biasa
Pesisir Barat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung menyiapkan kendaraan khusus seperti gerobak sapi dalam mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke daerah-daerah terpencil atau wilayah terdepan, terluar, tertinggal (3T).

"Pendistribusian logistik ke daerah terpencil dan terisolasi akan kita dahulukan, yang jelas untuk distribusinya kita pakai E-katalog, dengan pihak ke tiga selaku penyedia jasa angkut sesuai regulasi," kata Ketua KPU Pesisir Barat, Marlini, di Krui, Jumat.

Baca juga: KPU Asmat prioritaskan distribusi logistik ke distrik sulit dijangkau

Ia mengatakan, Pesisir Barat memiliki daerah terpencil dan terisolasi yang akses jalan menuju daerah itu cukup sulit tidak bisa ditempuh menggunakan kendaraan biasa.

"Iya jadi memang untuk pendistribusian ke daerah terpencil seperti empat pekon (desa) yang ada di Kecamatan Bengkunat, kita menggunakan alat transportasi tradisional seperti gerobak sapi atau kerbau," kata dia.

Ia mengatakan, untuk daerah-daerah terpencil memang menjadi prioritas KPU setempat sehingga tidak ada keterlambatan sebelum pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024.

Menurut dia, daerah 3T di Kabupaten Pesisir Barat tersebut terdapat empat desa yakni desa Way Haru, Bandar Dalam, Way Tiyas dan Siring Gading, yang berada di wilayah Kecamatan Bengkunat.

Dari jumlah itu, terdapat beberapa desa yang secara geografis sulit dijangkau. Kemudian beberapa tempat pemungutan suara (TPS) juga lokasinya hanya bisa ditempuh dengan gerobak sapi atau alat transportasi tradisional yang ditarik dengan hewan ternak sapi atau kerbau.

Baca juga: KPU Sorsel mulai distribusikan logistik Pemilu 2024

Ia menjelaskan, dari empat desa yang terisolisasi di Kecamatan Bengkunat itu terdapat 17 TPS dengan jumlah mata pilih kurang lebih 6.000 pemilih.

Meski ada kendala, khususnya di Pesisir Barat yang sulit dijangkau transportasi, Marlini memastikan distribusi logistik bisa diselesaikan tepat waktu sebelum pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pada Pemilu 2024 masyarakat akan memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota DPD, DPR RI serta DPR provinsi dan anggota DPRD kabupaten/kota.

KPU Pesisir Barat Lampung, terdapat 489 TPS yang tersebar di seluruh daerah di kabupaten setempat pada Pemilu 2024.

Baca juga: Logistik pemilu di NTB sudah 100 persen terpenuhi

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024