Jambi (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi siap merelokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang berdampak banjir ke tempat yang baru.

Ketua KPU Kota Jambi Deni Rahmat di Jambi, Jumat, mengatakan terdapat puluhan tempat pemungutan suara (TPS) yang terdampak banjir dan harus direlokasi ke tempat baru.

Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi relokasi tiga TPS

Seperti yang terpantau di Kelurahan Legok, Kota Jambi, terdapat 21 TPS yang kemungkinan akan direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Sebelumnya KPU Kota Jambi telah meninjau TPS di lokasi terdampak banjir di Kelurahan Legok. Diketahui bahwa Kelurahan Legok sudah terendam banjir selama dua bulan belakangan. Akibatnya sejumlah TPS yang sudah dipetakan tidak dapat digunakan dan ikut terendam.

Baca juga: 29 TPS di Jakarta Pusat rawan kebanjiran

KPU membagi dua kategori wilayah di kelurahan tersebut, pertama di kawasan Danau Sipin dan kedua di Pulau Pandan.

Untuk kawasan Danau Sipin, kata dia, akses jalan menuju TPS terganggu lantaran sudah tergenang air. KPU mengupayakan distribusi logistik ke 11 TPS yang ada di Danau Sipin menggunakan perahu.

Baca juga: 100 TPS di Kabupaten Rokan Hilir terendam

Selanjutnya di Pulau Pandan, tercatat sebanyak 10 TPS yang kemungkinan kesemuanya akan direlokasi ke tempat baru yang lebih aman.

TPS yang masih tergenang air luapan Sungai Batanghari ini akan dipindahkan ke beberapa lokasi yang lebih aman seperti ke jalur jalan beton yang tidak terendam banjir.

"Kalau untuk distribusi logistiknya nanti bisa menggunakan perahu, yang jelas kami pastikan semua aman untuk kelancaran pemilu," kata dia.

Baca juga: TPS di Barabai Kalsel kebanjiran seluruh logistik pemilu aman
Baca juga: Tiga TPS di Kendari terendam banjir
Baca juga: Sejumlah TPS di Simpang Rimba kebanjiran

Pewarta: Tuyani
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024