Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat mencatat 29 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2024 rawan banjir yang tersebar di wilayah Tanah Abang, Cempaka Putih Barat, Menteng, Kemayoran dan Menteng. 

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Jakarta Pusat Sahat Dohar Manullang mengatakan, data ini merupakan hasil koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Apabila terjadi bencana banjir maka lokasi tempat pemungutan suara akan dipindahkan ke tempat aman," kata Sahat saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Sahat mengatakan, terkait pemungutan suara nantinya akan menyesuaikan situasi. Jika memang tidak memungkinkan, pemungutan suara akan dilanjutkan beberapa waktu kemudian.

"Pada pemilu kan ada pengertian-pengertiannya. Ada pemilu lanjutan, pemungutan suara ulang, pemungutan suara lanjutan. Dan itu kategorinya nanti ke lanjutan. Nanti akan diputuskan KPU saat situasi aman," kata Sahat.

Kendati demikian, KPU Jakarta Pusat mengklaim persiapan Pemilu 2024 sudah mencapai 90 persen. Logistik berupa kotak suara akan didistribusikan ke TPS sehari menjelang pemungutan suara, yakni pada 13 Februari 2024.
Baca juga: Kemenkumham DKI siapkan 56 TPS khusus di lapas dan rutan
Baca juga: Wali Kota Jakpus: TPS dan KPPS sudah siap


 

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024