Jakarta (ANTARA) - Tim penjinak bom Detasemen Gegana Polda Metro Jaya bersama Polsek Taman Sari melakukan sterilisasi dua vihara besar di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat, Jumat, untuk memastikan kesiapan dan keamanan Tahun Baru Imlek 2575. 

Dua vihara besar yang disterilisasi yaitu Vihara Dharma Bhakti dan Vihara Dharma Jaya Toasebio.

"Tim melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap vihara, memastikan tidak ada potensi ancaman atau bahan berbahaya yang dapat mengganggu keamanan," ungkap Kapolsek Taman Sari Kompol Adhi Wananda yang dikonfirmasi di Jakarta, Jumat. Adhi menjelaskan, selama proses sterilisasi, tim juga memberikan sosialisasi kepada pengurus vihara dan jemaat tentang langkah-langkah keamanan yang perlu diambil selama perayaan Imlek.

"Tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan serta memberikan tips dan saran yang berguna dalam menghadapi situasi darurat," ujarnya. 

Adhi juga menyoroti pentingnya kerja sama antara masyarakat dan aparat keamanan dalam menjaga keamanan lingkungan.

"Dengan partisipasi aktif dari seluruh pihak, diharapkan keamanan dan ketertiban selama perayaan Tahun Baru Imlek dapat terjaga dengan baik," lanjutnya. 

Sterilisasi vihara, kata Adhi, merupakan upaya preventif polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Tahun Baru Imlek.

"Diharapkan langkah preventif ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat yang merayakan Tahun Baru Imlek di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat," kata Adhi.

Baca juga: Jelang Imlek, Tim Gegana Brimob sterilisasi vihara di Jaktim

Baca juga: Vihara berusia 600 tahun bersolek sambut Imlek 2024 di Jakarta Utara

Baca juga: Perayaan Imlek, 248 personel polisi amankan vihara di Jaktim

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024