Sidoarjo (ANTARA News) - Timnas Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor 1-2 (1-2) dalam pertandingan Piala AFF U-19 2013 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu malam.

Permainan cepat ditunjukkan Indonesia pada babak pertama pertandingan Piala AFF tersebut.

Pada menit pertama, kapten tim Indonesia berhasil menjebol gawang Vietnam, setelah bola tendangan jarak jauhnya tidak berhasil dijangkau oleh kiper Vietnam, Le Van Truong, dan skor pun berubah menjadi 1-0.

Tidak mau tertinggal, Vietnam meningkatkan tempo serangan dan beberapa kali membuat pemain belakang kelabakan dan merepotkan kiper Indonesia, Ravi Murdianto.

Serangan demi serangan yang dibangun Vietnam akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-31.

Ketika itu, pemain Vietnam Pham Duc Huy menciptalan gol melalui sundulan kepalanya setelah mendapatkan umpan dari tendangan penjuru oleh Luong Xuan Truong dan skor berubah menjadi 1-1.

Empat menit berselang, giliran Nguyen Van Toan yang berhasil menambah perolehan gol Vietnam menjadi 2-1, setelah aksi individunya tidak berhasil digagalkan pemain belakang Indonesia.

Untuk menambah kekuatan di lini sayap, menjelang akhir babak pertama, yakni menit ke-43, pelatih Indonesia Indra Sjafrie menarik keluar Malidini dan memasukkan Dinan Yahdian Javier.

Pada babak kedua, Indonesia mendapatkan peluang mengejar kekalahan pada menit ke-49 melalui aksi satu dua yang dilakukan Dinan Javier.

Namun, tendangan keras yang dilakukan dari sisi kiri pertahanan Vietnam itu masih bisa ditepis oleh kiper Vietnam Le Van Truong.

Hingga menit-menit akhir babak kedua, Indonesia terus berusaha mengejar ketertinggalannya.

Sejumlah pemain Indonesia juga diganti, seperti Paulo Oktavianus yang digantikan Hendra Sandi Gunawan, untuk memperkuat lini tengah guna meningkatkan serangan ke Vietnam.

Namun, Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan Vietnam setelah hingga akhir pertandingan tidak mampu menciptakan gol lagi guna menyamakan kedudukan, dan skor pun tetap 1-2 untuk Vietnam.

Pewarta: Slamet Hidayat
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013