Jakarta (ANTARA) - Pemuda Cinta Tanah Air (PITA) mengingatkan publik agar tidak terhasut komentar oknum atau pihak-pihak tertentu terkait warna biru pada kantong sembako murah yang dibagikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono.
 
Bendahara Umum PITA Deni Martanti menyebutkan, pihaknya mengamati bahwa kantong sembako murah itu tidak hanya berwarna biru langit, melainkan banyak warna yang disebar.
 
"Jangan naif, itu warna banyak kok bukan cuma warna biru langit. Mungkin hanya kebetulan aja, salah satu warna tasnya mirip sama warna capres 2," kata Deni saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Padahal banyak warna lain di kantor belanja itu. "Jadi, jangan mudah tersulut lah, kita objektif aja, kita lihat fotonya juga, banyak warna itu," katanya.

Menurut Deni, tudingan yang muncul dapat membuat Jakarta tidak kondusif selama dipimpin Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Ia juga menyesalkan perilaku para politisi yang memanfaatkan situasi dengan melemparkan komentar-komentar yang memihak dan provokatif.

Baca juga: DKI gandeng pihak swasta untuk perbanyak variasi sembako murah
 
Karena itu, Deni mengingatkan masyarakat untuk tetap fokus menyukseskan tugas bersama, yakni menciptakan iklim kondusif di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Kalau sekelas politisi nasional masih bikin hasutan miring dengan isu warna tas sembako murah, saya kira dia bukan tipe pemimpin yang punya gagasan. Sayang sekali kalau kapasitasnya terdegradasi dengan isu recehan macam ini," kata Deni.
 
Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta menilai warna biru pada kantong sembako murah yang dibagikan Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono lebih bermakna universal tanpa ada keberpihakan pada partai politik tertentu
 
"Karena warna itu kan universal ya, artinya warna tanpa logo, tanpa sebuah simbol, tentu kita nggak bisa menghakimi ataupun kita bisa menganggap itu sebagai sebuah pelanggaran," kata Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Bawaslu DKI Jakarta Quin Pegagan usai konsolidasi media dalam rangka penguatan pemberitaan hasil Pemilu 2024 di Jakarta, Jumat (9/2).

Baca juga: Bawaslu DKI nilai warna biru kantong sembako murah bermakna universal
 
Quin menuturkan pihaknya tak melihat adanya dugaan pelanggaran terkait kegiatan sembako murah Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang menggunakan tas berwarna biru muda.
 
Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyiapkan program pasar murah di 44 kecamatan pada 2024.
 
Program pasar murah ditujukan untuk menjaga stabilitas harga pangan pada 2024. Selain itu, pasar sembako murah ini juga menjadi tindak lanjut dari arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar Pemprov DKI dapat mengendalikan inflasi.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024