London (ANTARA) - Dalam rangka merayakan Festival Musim Semi, London Eye diterangi cahaya merah dan emas, warna tradisional Tahun Baru Imlek, dan dimeriahkan berbagai pertunjukan artistik, termasuk tarian naga.

Sebagai bagian dari rangkaian perayaan Festival Musim Semi, London Eye, salah satu landmark utama di Inggris, diterangi cahaya merah dan emas pada Kamis (8/2).

Kedua warna tersebut merupakan warna keberuntungan yang biasa digunakan dalam perayaan festival tradisional yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Imlek itu.

Dalam gerimis hujan, orang-orang mengunjungi bianglala ikonis di tepi selatan Sungai Thames tersebut untuk menyaksikan pergantian warna lampu dalam rangka merayakan Festival Musim Semi.

CEO Merlin Entertainments Scott O'Neil mengatakan upacara penyalaan lampu yang diadakan bersama oleh Asosiasi Tionghoa Pecinan London (London Chinatown Chinese Association) dan London Eye, telah menjadi rutinitas dalam perayaan Tahun Baru Imlek di landmark ini selama beberapa tahun.

"Ini dilakukan agar tahun yang istimewa seperti ini, yaitu Tahun Naga, menjadi makin istimewa," kata O'Neil.

Kepada Xinhua, O'Neil membagikan pemahamannya tentang makna khusus naga. "Naga berarti kesetiaan, dorongan untuk maju, dan pengejaran aktif terhadap sesuatu yang luar biasa," ujarnya.    

"Fenomenal dan menakjubkan," ungkap seorang warga London bernama Fie de Foiard Brown saat mengomentari pertunjukan tersebut. Dia menambahkan bahwa dirinya juga pernah menikmati parade Festival Musim Semi di Pecinan London sebelumnya.

Sejumlah pertunjukan seni juga disuguhkan di bawah London Eye, termasuk tarian naga. Kostum naga emas sepanjang 18 meter yang didatangkan dari Tongliang, sebuah distrik di Chongqing, China barat daya, dipentaskan dalam pertunjukan malam itu.

Tarian Naga Tongliang berasal dari Dinasti Ming (1368-1644) dan berkembang pada masa Dinasti Qing (1644-1911). Pada 2006, kesenian rakyat ini dihormati sebagai bagian dari warisan budaya takbenda nasional China batch pertama.

"Kesempatan melihat penari naga dan barongsai di sini, di depan London Eye, akan menjadi kenangan yang sangat berkesan. Mereka energik dan menghidupkan suasana, juga benar-benar melambangkan keindahan serta keanggunan Tahun Baru Imlek," kata O'Neil.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024