Jakarta (ANTARA) - Massa pendukung Prabowo-Gibran memadati sepanjang Jalan Gatot Subroto dari arah Cawang menuju, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu, yang akan menuju Gelora Bung Karno (GBK) untuk mengikuti kampanye akbar.

Dari pantauan di lokasi, kemacetan sudah terjadi sejak pukul 10.30 WIB sejak jalan layang Pancoran, Jakarta Selatan.

Jalanan tersebut dipenuhi oleh pengendara motor dan mobil yang membawa spanduk serta bendera berwarna biru bertuliskan Prabowo-Gibran.

Di beberapa titik, kendaraan mulai terurai seperti di Jalan Kapten Tendean dan jalan layang Kuningan. Namun kendaraan kembali merapat di kawasan Semanggi, tepatnya di depan Polda Metro Jaya.

Jalanan dipenuhi oleh bus, mobil pribadi hingga angkutan umum yang dipenuhi para pendukung Prabowo-Gibran. Di setiap kendaraan pun terpaksa bambu setinggi satu sampai dua meter dengan bendera berwajah Prabowo-Gibran di ujungnya.

Ketika memasuki jalan menuju Senayan, tepat di depan kantor TVRI, polisi mulai menutup jalan. Penutupan tersebut dilakukan karena kendaraan sudah mulai memadati jalan yang menuju pintu utama GBK, dan banyak kendaraan yang dialihkan ke Jalan Gatot Subroto, tepatnya melewati depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Banyak dari para pengendara mengambil jalur di samping gedung DPR, tepatnya yang melewati stasiun Palmerah, Jakarta Pusat.

Hingga saat ini, kondisi di depan jalan GBK masih pada dan rombongan kendaraan seakan tidak berhenti berdatangan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024