Praha (ANTARA) - Denmark pada Jumat (9/2) mengatakan bahwa Rusia dapat menyerang negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dalam waktu tiga hingga lima tahun.

"Kapasitas Rusia untuk memproduksi peralatan militer telah meningkat pesat," kata Menteri Pertahanan Troels Lund Poulsen kepada surat kabar Denmark Jyllands-Posten.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun, Rusia akan menguji Pasal 5 dan solidaritas NATO. Itu bukan penilaian NATO pada 2023. Itu adalah informasi baru yang mengemuka saat ini," katanya.
Baca juga: NATO tampik ancaman militer Rusia terhadap aliansi tersebut

"Rusia berpotensi memiliki keinginan untuk (meluncurkan serangan). Saat ini mereka juga bisa memiliki kemampuan militer lebih awal dari yang kita perkirakan," tambah menteri pertahanan Denmark tersebut.

Pada Desember, Denmark mencapai perjanjian pertahanan dengan AS yang akan memungkinkan pasukan dan peralatan militer AS ditempatkan di wilayah Denmark.

Perjanjian 10 tahun tersebut diumumkan setelah AS menandatangani perjanjian serupa dengan Finlandia dan Swedia pada bulan itu.

Pada Maret tahun lalu, Denmark menyiapkan dana 1 miliar dolar AS (sekitar Rp15,6 triliun) untuk bantuan militer, sipil, dan usaha ke Ukraina.

Baca juga: Denmark tegaskan tidak akan tangguhkan pendanaan untuk UNRWA
Baca juga: MER-C hargai bantuan Denmark untuk Palestina


Sumber: Anadolu

Penerjemah: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024