Jakarta (ANTARA) - Pertunjukan dua barongsai dan pohon angpao yang diletakkan di sekitar Stasiun Pasar Senen (Jakarta Pusat) turut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2024/2575 Kongzili.
 
"Kegiatan pertama di Stasiun Pasar Senen, ada festival barongsai spesial dari Barongsai Lion and Dragon Dance Trouple, Boen San Bio yang letaknya di Hall Stasiun Pasar Senen," kata Manajer Humas PT KAI Daop I, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Sabtu.
 
Ixfan menyebut, kemeriahan ini juga menjadi salah satu upaya PT KAI untuk mendekatkan diri dengan para penggunanya. Kemudian juga ada pohon keberuntungan.

Sedangkan untuk di Stasiun Gambir ada bagi-bagi kue keranjang gratis yang dikhususkan untuk penumpang KA Pangandaran.

Baca juga: Heru: Imlek 2024 momentum perkuat tali silaturahmi dan toleransi
 
Selain itu, untuk menambah kemeriahan dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2024, Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen juga dipenuhi dengan hiasan dan arsitektur (ornamen) khas bernuansa Imlek.
 
"Kami berharap program dan aktivitas menarik tersebut dapat menambah pengalaman berkesan bagi para penumpang kereta api pada masa liburan Tahun Baru Imlek 2024," ujar Ixfan.
 
Para penumpang kereta merasa terhibur dan antusias menyaksikan atraksi barongsai yang seakan berkomunikasi melalui gerakannya. Hal itu sebagaimana dirasakan oleh seorang calon penumpang kereta tujuan Yogyakarta bernama Christian.
 
Dia terkejut karena ada pertunjukan dua barongsai berwarna merah dan kuning yang melompat dan meliuk-liuk di depan para penumpang.
 
"Saya beruntung sekali, saat menunggu keberangkatan kereta disuguhkan pertunjukan barongsai yang energik. Pertunjukannya juga cukup menghibur," katanya.

Baca juga: Ancol targetkan 300 ribu wisatawan pada libur Imlek dan Isra Mikraj
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan perayaan Imlek 2024 menjadi salah satu momentum untuk memperkuat tali silaturahmi dan toleransi keberagaman antarumat beragama.
 
"Saya mengharapkan perayaan Tahun Baru Imlek 2024 ini menjadi momentum untuk terus menjaga persatuan, kesatuan, memperkokoh tali silaturahmi antarsesama dan menguatkan toleransi dalam keberagaman," kata Heru di Wihara Dharma Jaya Toasebio di Jakarta Barat, Jumat (9/2).
 
Menurut Heru, perayaan Tahun Baru Imlek merupakan sebuah tradisi masyarakat Tionghoa yang mewarnai keberagaman di Kota Jakarta mulai dari adat istiadat, budaya serta agama dan diharapkan dapat menumbuhkan solidaritas sosial dalam kehidupan masyarakat.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024