"Keringat saudara-saudara semua, keringat ibu bapak sekalian, jernih seperti kristal, karena mencerminkan niat tulus yang ada di dalam jiwa raga kita,"
Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berupaya membakar semangat para pendukungnya dengan istilah keringat seperti kristal, dalam kegiatan kampanye yang bertajuk Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu.
 
Dia mengatakan keringat para pendukungnya itu seperti kristal karena telah memilih berjuang di jalan perubahan. Dia didampingi Calon wakil presiden Muhaimin Iskandar, berapi-api saat mengatakan hal tersebut di hadapan lautan pendukungnya.
 
"Keringat saudara-saudara semua, keringat ibu bapak sekalian, jernih seperti kristal, karena mencerminkan niat tulus yang ada di dalam jiwa raga kita," kata Anies.
 
Dia pun mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya yang sudah hadir di JIS, baik yang hadir dengan berjalan kaki, bersepeda, hingga menggunakan sepeda motor. Menurutnya para pendukungnya itu telah melewati semua hambatan dan rintangan.
 
"Keringat jernih yang menyala, jernih yang memukau, yang akan membuat negeri kita maju dan dihormati dunia," katanya.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mengajak kepada para relawannya untuk berharap Allah SWT membukakan pintu-pintu keberhasilan untuknya dan mengantarkan Indonesia menjadi negara yang adil dan makmur untuk semuanya.
 
Setelah menutup orasinya, Anies memeluk Muhaimin dan diiringi oleh selebrasi yang memeriahkan suasana kampanye. Dia pun sempat mengajak para pendukungnya untuk meyampaikan "saatnya perubahan" dengan bahasa isyarat dengan tangannya.
 
Adapun Stadion JIS yang berkapasitas 82 ribu orang itu dipenuhi oleh para pendukung pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) dari berbagai daerah. Selain di area dalam, pendukung AMIN pun memadati area luar hingga menyebabkan lalu lintas terhambat.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024