Jakarta (ANTARA) - Kampanye akbar calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta menyisakan sampah botol dan tempat makanan yang berserakan di kawasan tersebut, Sabtu.

Tampak ribuan pendukung pasangan calon (paslon) nomor urut 02 itu sekitar pukul 16.15 WIB mulai meninggalkan GBK, setelah acara ditutup dengan sejumlah penampilan dari grup musik ternama di Indonesia.

Namun, hampir semua lokasi kampanye baik yang ada di dalam GBK maupun di luar, berserakan sampah berupa botol minum plastik dan juga kotak nasi.

Kawasan GBK yang sebelum acara kampanye akbar itu bersih, namun kini terlihat kumuh dipenuhi sampah sisa makanan dan minuman.

Petugas juga belum membersihkan lokasi karena pendukung paslon 02 yang berada di lokasi, masih cukup banyak.

Baca juga: Nasrullah bersepeda dari Purwokerto ke Jakarta hadiri kampanye AMIN

Sebelumnya, kampanye akbar paslon nomor urut 02 ini dihadiri ribuan pendukung yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.
Sejumlah pendukung paslon nomor urut 02 meninggalkan GBK, Jakarta, Sabtu (10/2/2024). ANTARA/Khaerul Izan
Seorang pendukung asal Bogor, Jawa Barat, Diah mengatakan bahwa ia bersama rekan-rekannya datang menggunakan bus dan tiba di lokasi acara sekitar pukul 10.00 WIB dan saat ini sedang menunggu rekan lainnya untuk kumpul menuju ke bus.

"Lagi nunggu rekan yang lain, pada terpisah. Jadi, kalau sudah kumpul semua baru pulang," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut satu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut tiga.

Baca juga: Pemprov DKI turunkan alat peraga kampanye serentak Minggu dini hari

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Masa tenang 11-13 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024