Jakarta (ANTARA News) - Dua pecatur putri Indonesia, WIM Medina Warda Aulia (2301) dan WIM Chelsie Monica Sihite (2282), meraih kemenangan pada pertandingan babak kedua Kejuaraan Catur Junior Dunia (World Junior Chess Championship), Sabtu waktu setempat di Kocaeli, Turki.

Kendati bertarung alot Medina akhirnya memenangi partainya melawan Juara Junior Asia 2012 WIM Ivana Maria Furtado (2134) dari India.

Medina menang pada langkah ke-33 pertahanan Caro-Kann, demikian siaran pers PB Percasi, Minggu.

Sementara itu pada partai Chelsie melawan WFM Maria Gevorgyan (2143) dari Armenia, pecatur putri Indonesia itu menang pada langkah ke-40 pertahanan Spanyol.

Namun hasil bagus putri tidak diikuti di bagian putra. Muhammad Luthfi Ali (2277) yang sehari sebelumnya menaklukkan GM Samvel Ter-Sahakyan kali ini harus bersusah payah untuk menyelamatkan posisinya. Luthfi menahan remis FM Ferreira Jorge Viterbo (2426) dari Portugal pada langkah ke-54 pembukaan Inggris.

Nasib IM Farid Firman Syah (2433) lebih tragis lagi, dia harus menyerah dari lawannya IM Bagdasaryan Vahe (2423) dari Armenia, Farid kehabisan waktu pada langkah ke-38 pertahanan Caro-Kann.

"Saya seperti melamun, tahu-tahu waktunya sudah nol," tutur Farid seperti tidak percaya. Peraturan waktu yang digunakan di sini adalah 90 menit untuk 40 langkah pertama, lalu dapat tambahan 30 menit sampai selesai, dengan tambahan waktu 30 detik per langkah sejak langkah pertama.

(A020)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013