Haikou (ANTARA) - Pada liburan Tahun Baru Imlek yang sedang dirayakan di seluruh China, pos pemeriksaan perbatasan di Kota Sanya, Provinsi Hainan, China selatan, berupaya meningkatkan kualitas layanan bagi para pelancong yang hendak menaiki kapal pesiar internasional untuk berwisata ke luar negeri.

Pariwisata kapal pesiar saat ini kian populer di Hainan dan berbagai daerah pesisir lain di China. 

Sejak rute-rute kapal pesiar internasional yang melewati Sanya dipulihkan pada akhir September 2023, para wisatawan memiliki opsi lain untuk berlibur ke luar negeri.

Pada liburan Tahun Baru Imlek yang berlangsung selama sepekan ini, terdapat 15 jadwal keberangkatan kapal pesiar internasional di Sanya dan diperkirakan bahwa 21 ribu perjalanan akan dilakukan menggunakan kapal pesiar.

Menurut Chenghao, kepala tim petugas nomor satu di pos pemeriksaan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan lembaga-lembaga pemeriksaan lain, perusahaan operator kapal pesiar dan agen-agen terkait untuk menyusun rancangan guna memfasilitasi proses masuk-keluar di perbatasan.

Selain itu, lebih banyak polisi dan petugas dikerahkan untuk melayani dan memandu atau menjawab pertanyaan wisatawan yang membutuhkannya.

Berkat persiapan dan tata kelola yang matang dan cermat, waktu yang dibutuhkan oleh para pelancong untuk menjalani proses pemeriksaan berhasil dipersingkat secara signifikan. Hal ini mendapat banyak pujian.

Pos pemeriksaan perbatasan di Sanya dihiasi dengan banyak dekorasi seperti simpul China dan potongan kertas berbentuk karakter "Fu" yang berarti kebahagiaan dalam bahasa Mandarin, menjadikan suasana di pos pemeriksaan ini begitu meriah di tengah perayaan hari raya terpenting di China ini.

Sejak awal tahun ini, pos pemeriksaan perbatasan Sanya telah meloloskan hampir 37.400 perjalanan personel, yang mencatatkan rekor baru. Industri pariwisata kapal pesiar di Hainan diyakini akan terus berkembang.

"Kami akan terus menyempurnakan layanan bagi para wisatawan yang menggunakan kapal pesiar dan menjamin perizinan pelabuhan perbatasan berjalan lancar sembari mendorong penerapan sistem pengelolaan kapal pesiar di tingkat provinsi," kata Songfei, seorang pejabat di pos pemeriksaan perbatasan Sanya. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024