Kebersamaan menjadi modal yang perlu terus dirawat dari hari ke hari...Kami berusaha tampil sebagai tim yang berkualitas, dengan bermodal semangat dan kegairahan
Swansea (ANTARA News) - Tiga laga, tiga kemenangan dan tiga gol dengan mengemas sembilan poin penuh menghiasi pundi-pundi prestasi Liverpool ketika mengarungi samudera Liga Inggris (Premier League) musim 2012-2013.

Penggawa The Reds memberi pelajaran bahwa torehan prestasi, di tempat kerja atau di sekolah atau di kampus, terus diusahakan bukan diomong-omongkan dengan aneka jargon sukses sebagaimana kerap diobral oleh mereka yang suka memotivasi sesama.

Liverpool ditantang Swansea dalam laga kompetisi Liga Inggris yang digelar di Liberty Stadium, Swansea, pada Selasa dini hari, pukul 02.00 WIB. Laga akan ditayangkan oleh stasiun televisi swasta.

Tanpa berbekal omong-omong dari sang motivator dari atas podium, kini Liverpool coba bangkit bersama semangat berdiri di kaki sendiri (berdikari), dengan tidak lagi diperkuat oleh dua pemain bintang yang menjadi salah seorang mesin gol bagi klub yakni, Simon Mignolet atau Kolo Toure di lini pertahanan.

Toure memang absen manakala Liverpool mengalahkan Manchester United dengan skor 1-0. Dan masih ada Martin Skrtel yang siap mengisi posisi pemain asal Pantai Gading itu.

Manajer Liverpool, Brendan Rodgers tidak ingin terus menjadi motivator bermodal obral kata-kata indah meninabobokan dari kerasnya persaingan kompetisi Liga Inggris.

Rodgers justru menaruh asa kepada Daniel Sturridge yang siap bertanding. Pemain berusia 24 tahun ini sebelumnya absen membela timnas Inggris dalam dua pertandingan melawan Moldova dan Ukraina. Ia disebut-sebut mengalami cedera otot.

Sturridge, mantan striker Chelsea ini telah menjaringkan 13 gol dalam 17 pertandingan sejak bergabung bersama The Blues pada Januari. Tidak ada alasan bagi Rogers untuk tidak menurunkan pemain ini dalam pertandingan melawan Swansea.

Dua rekrutan anyar, yakni Mamadou Sakho dan Victor Moses siap berjibaku menggempur pertahanan Swansea. Sementara bek kanan Glen Johnson absen dalam empat pekan karena masih dibekap cedera engkel, dan Andre Wisdom siap menggantikan Johnson.

Sementara itu, manajer Swansea, Michael Laudrup terus pasang kuda-kuda jelang melawan Liverpool. Full-bek Neil Taylor absen, karena pemain timnas Wales ini mengalami cedera.

Lini pertahanan Liverpool bakal siap direpotkan oleh tusukan-tusukan dari Alvaro Vazquez yang akan mengawali debutnya bersama Swansea. Gelandang Jonjo Shelvey siap diturunkan memperkokoh lini tengah "The Swans".

Jonjo Shelvey, yang pernah berkostum Liverpool telah melakoni 47 pertandingan di Liga Inggris. Ia lompat pagar ke kubu Swansea sejak musim panas lalu. Ia disebut-sebut bakal terus dimainkan dan diandalkan oleh Laudrup, meski belum ada lampu hijau dari pelatih berkebangsaan Denmark itu.

Komentar dua pelatih:

Michael Laudrup (Swansea):
"Kami punya sejumlah laga yang keras di awal kompetisi. Ini alasan mengapa pertandingan melawan West Brom juga demikian penting. Dan para pemain telah menunjukkan penampilan terbaiknya."

"Kami perlu meraih tiga poin agar dapat terus bertahan di posisi klasemen. Hanya dengan begitu kami dapat berbicara lantang di liga ini. Kami telah menunjukkan kebersamaan, dan tentunya ini awal yang baik."

"Kebersamaan menjadi modal yang perlu terus dirawat dari hari ke hari, dengan begitu kami dapat lebih baik dari satu pertandingan ke pertandingan selanjutnya. Kami berusaha tampil sebagai tim yang berkualitas, dengan bermodal semangat dan kegairahan. Kami juga pantang menyerah, dengan begitu kami dapat beroleh hasil positif."

Brendan Rodgers (Liverpool):
"Ad sejumlah lini yang masih perlu kami perbaiki. Sebagai perbandingan, Tottenham telah menghabiskan lebih dari 100 juta pound untuk masuk lima besar musim lalu. Jika mereka menghabiskan begitu banyak dana, mengapa kami tidak dapat meraih prestasi yang sama dengan mereka."

"Anda dapat meraih sukses dengan bermodal asupan pemain baru dalam satu atau dua jendela transfer. Dari masing-masing jendela transfer itu, kami mampu tampil lebih kokoh, dengan begitu penampilan kami benar-benar berkualitas."

"Konsistensi telah kami tunjukkan sejak Januari lalu. Para pemain berusaha tampil apik dengan bekerja keras, dan kami telah beroleh hasilnya. Sejauh ini kami telah mengenyam awal yang baik meski kami masih harus terus merawat sejumlah hal yang positif."

Prakiraan susunan pemain:    
Swansea City (4-4-1-1):
Vorm (penjaga gawang); Rangel, Williams, Chico, Davies; Routledge, Shelvey, Canas, Hernandez; Michu; Bony.

Liverpool (4-2-3-1):
Mignolet (penjaga gawang); Wisdom, Sakho, Agger, Enrique; Gerrard, Lucas; Coutinho, Henderson, Aspas; Sturridge.

Pemain andalan dua tim:

Michu (Swansea) vs Lucas (Liverpool)


* Laga ini memanggungkan dua pemain berkelas yang beroperasi di lini yang sama. Satu bertipe mencipta, satu lagi bertipe menghancurkan konsentrasi lawan.
* Michu mampu beroperasi optimal di lini tengah terlebih di area pertahanan lawan. Ini ditunjukkan ketika Swansea melawan West Brom. Pemain ini punya intelijensi lebih dalam melepas umpan, terlebih untuk mensuplai pergerakan Pablo Hernandez.
* Rodgers juga menyandarkan harapan kepada Lucas yang mampu tampil beringas. Pemain Brasil ini ciamik menjaga dan melapis pertahanan The Reds, paling tidak selama musim ini bergulir. Sejumlah pengamat mengacungkan jempol pujian ketika ia menahan laju serangan para pemain depan Manchester United.
* Lucas juga mampu memeragakan aksi tekel menawan selama musim ini dengan tingkat kesuksesan rata-rata mencapai 85,7 persen. Ia menjadi salah satu pilihan utama dan pertama skuad Liverpool, karena punya kemampuan melakukan aksi penyelamatan dan mampu menerobis pertahanan lawan.   
 
Prediksi hasil laga (Goal.com):    

* Swansea City 0-2 Liverpool (25,15 persen)
* Swansea City 1-2 Liverpool (11,83 persen)
* Swansea City 0-1 Liverpool (10,59 persen)

Head to Head
England - Premier League (EPL)
17 Feb 2013     Liverpool 5 - Swansea City 0     
25 Nov 2012     Swansea City 0 - Liverpool 0     
13 May 2012     Swansea City 1 - Liverpool 0     
  5 Nov 2011     Liverpool 0 - Swansea City 0     

England - Capital One Cup (League Cup) (CCUP)
31 Oct 2012     Liverpool 1 - Swansea City 3     

Lima laga terakhir:
Swansea 
1 Sep 2013    West Bromwich Albion 0 - Swansea City 2    EPL
29 Aug 2013    Petrolul Ploieşti 2 - Swansea City 1    EL
25 Aug 2013    Tottenham 1 - Swansea City 0    EPL
22 Aug 2013    Swansea City 5 - Petrolul Ploieşti 1    EL
17 Aug 2013    Swansea City 1 - Manchester United 4    EPL

Liverpool
1 Sep 2013    Liverpool 1 - Manchester United 0    EPL
27 Aug 2013    Liverpool 4 - Notts County 2    CCUP
24 Aug 2013    Aston Villa 0 - Liverpool 1    EPL
17 Aug 2013    Liverpool 1 - Stoke City 0    EPL
10 Aug 2013    Celtic 1 - Liverpool 0    FRC

Narasi prediksi:
* Liverpool sedang berada di atas angin setelah menuai tiga kemenangan dengan memperoleh sembilan poin penuh. Hanya saja, pasukan Rodgers tidak boleh takabur karena lawan yang kali ini mereka hadapi Swansea.
* Swansea di bawah asuhan Laudrup memang beroleh tiga poin dari tiga laga, ketika mereka menang lawan West Brom. Hanya saja, The Swans perlu ekstra waspada menghadapi trio barisan depan The Reds, yakni Sturridge, Philippe Coutinho, dan Iago Aspas.
* Publik perlu ingat atmosfer di stadion kandang Swansea musim lalu. Dari Liverpool, sampai Chelsea, Manchester United, dan Manchester City menjumpai situasi sarat "batu dan onak berduri".

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Swansea: 1
Liverpool: 2  
 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013