Ini adalah pertandingan yang sangat penting.
Liverpool (ANTARA News) - Pelatih Liverpool Brendan Rodgers meminta para pemainnya bangkit setelah menelan kekalahan memalukan di markas Oldham dan menjaga harapan tipis mereka untuk menembus peringkat empat besar dengan mengalahkan Arsenal pada Liga Utama Inggris di Stadion Emirates, Rabu.

Si Merah disingkirkan tim strata ketiga di Piala FA pada Minggu, dan ini membuat Rodgers geram kepada para pemain muda di timnya.

Bagaimanapun, menghadapi Arsenal akan menjadi tugas berat, mengingat sejauh ini Liverpool belum pernah meraih kemenangan atas tim penghuni peringkat sepuluh ke atas pada musim ini.

"Hari Minggu menyakitkan, sangat menyakitkan," kata Rodgers. "Ini adalah kekecewaan yang pahit saat anda kalah pada pertandingan seperti itu."

"Sebagai manajer hal itu memberi motivasi besar untuk bangkit."

"Jika kami ingin berkembang kami harus memastikan bahwa para pemain lapar di setiap pertandingan. Kami perlu untuk menjadi lebih baik saat melawan tim-tim di paruh teratas. Tidak diragukan lagi pada pertandingan-pertandingan besar kami ingin melakukannya dengan lebih baik."

"Ini adalah pertandingan yang sangat penting. Ini adalah pertandingan yang kami tuju, jika anda dapat melupakan pertandingan Minggu, dengan kepercayaan diri. Ini adalah pertandingan berat, namun ini adalah pertandingan yang akan kami usahakan untuk menangi dan salah satu pertandingan yang mampu kami menangi."

Rodgers siap mengembalikan Steven Gerrard ke tim inti setelah memasukkan kapten Liverpool itu sebagai pemain pengganti saat melawan Oldham, dan ia memperingatkan kepada para pemain mudanya bahwa mereka harus belajar dari legenda Si Merah itu atau berhadapan dengan prospek bermain di strata-strata yang lebih rendah di sepak bola Inggris.

"Mereka tidak akan memiliki tokoh panutan untuk diikuti. Jika mereka cerdas dan cukup cerdik mereka akan belajar dari dia, jika tidak mereka akan mendapati diri sedang bermain di League One. Mereka akan menyesali kesempatan yang mereka miliki yakni untuk bermain dengan para pemain kelas dunia."

Jose Enriue (otot paha belakang), Glen Johnson (otot paha belakang), dan Pepe Reina (paha) diperkirakan dapat kembali bermain di Emirates.

Sementara itu Theo Walcott yakin Arsenal mulai menemukan momentum yang baik, setelah The Gunners menang 5-1 atas West Ham United di ajang liga, yang kemudian diikuti dengan kemenangan 3-2 atas Brighton di ajang Piala FA.

Walcott sendiri mendapat dirinya sedang berada di bentuk permainan yang baik, di mana ia mencetak gol pada tiga pertandingan berturut-turut termasuk saat dirinya mencetak gol kemenangan ke gawang Brighton, yang membuat total ia telah menorehkan 17 gol pada musim ini.

Pemain internasional Inggris ini mengakui bahwa kunjungan Liverpool akan menjadi ujian sulit, namun ia yakin pasukan Arsene Wenger, yang saat ini menduduki peringkat kelima klasemen, sekarang siap untuk meningkatkan tekanan kepada tim-tim penghuni empat besar.

"Pertandingan melawan Liverpool akan menjadi pertandingan yang sengit," kata Walcott.

"Kedua tim berjuang untuk peringkat keempat dan keduanya sangat dekat. Namun saya pikir cara bermain kami di kandang pada hari lain saat melawan West Ham memperlihatkan bahwa kami cukup kuat untuk mengalahkan mereka."

Dan ia menambahkan, "Ya, momentumnya (berkembang). Ini pernah menjalani naik dan turun, terdapat hal-hal brilian, namun kami perlu melakukannya pada setiap pertandingan."

"Kami memulainya dengan lambat dan kemudian bangkit dan ada sesuatu yang kami perlukan di sistem kami. Hal itu adalah konsentrasi."

Walcott belakangan telah menyepakati kontrak baru jangka panjang dengan Arsenal dan memperlihatkan tanda-tanda kesepahaman yang efektif dengan penyerang Olivier Giroud.

"Saya tentu saja menikmati sepak bola," kata Walcott. "Saya pikir dua tahun terakhir telah menjadi sangat berat, namun saya selalu menikmati sepak bola saya, apapun yang terjadi. Saya selalu mendengarkan orang-orang yang tepat dan selalu menikmati saat-saat saya mendapat kesempatan bermain."

Walcott menjadi pemain pengganti saat bermain di Brighton bersama dengan Santi Cazorla dan Jack Wilshere, namun ketiganya diperkirakan akan tampil sejak menit pertama saat melawan Liverpool, selain itu Bacary Sagna dan Kieran Gibbs juga akan kembali masuk tim inti.

(H-RF)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013