Makassar (ANTARA) - Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar apel pengecekan personel beserta perlengkapan dan kendaraan untuk pengamanan Pemilu 2024.

Apel pengecekan perlengkapan pemilu yang dipimpin oleh Wakil Komandan (Wadanyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel AKP Darfin Tahrir dilaksanakan di Lapangan Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Minggu.

"Terkait kesiapan kita menjelang pemberangkatan menuju tempat tugas besok Senin (12/2), saya minta hari ini dicek semua perlengkapan, pribadi maupun dinas demi kelancaran pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu 2024," ujar AKP Darfin melalui keterangannya di Makassar, Minggu.

AKP Darfin Tahrir menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pengecekan terakhir atau final check sebelum personel berangkat ke wilayah tugas masing-masing.

Wadanyon C ini juga mengingatkan agar selama melaksanakan pengamanan pemilu, personel yang terlibat wajib mengikuti SOP yang berlaku dan menghindari pelanggaran sekecil apapun, utamanya yang berkaitan dengan sikap netralitas Polri dalam Pemilu 2024.

"Terkait dalam pelaksanaan tugas, aplikasikan apa yang telah rekan-rekan laksanakan dalam latihan, utamakan melaksanakan escape (penyelamatan) terhadap orang maupun barang yang dianggap penting, rekan-rekan harus siap," ujarnya.

Sementara itu Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan mengatakan bahwa Batalyon C Pelopor akan mengamankan jalannya proses pemungutan suara Pemilu 2024 di empat Polres wilayah Batalyon C Pelopor di antaranya Polres Bone, Sinjai, Bulukumba dan Kepulauan Selayar.

"Sesuai permintaan dari Polres jajaran dan hasil rapat serta arahan pimpinan, selain mem-back up satuan kewilayahan, kami juga menyiapkan satu kompi untuk mengantisipasi situasi kontigensi," ujar dia.

Satu kompi itu, kata dia, sebagai Power On Hand Kapolda Sulsel yang siap digerakkan untuk menanggulangi situasi kontijensi dan juga siap mem-back up polda lainnya apabila terjadi peningkatan eskalasi situasi Kamtibmas.

"Kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah mempunyai hak pilih, mari gunakan hak pilih Anda, jangan Golput karena suara Anda akan menentukan masa depan negara kita. Mari kita rayakan pesta demokrasi ini dengan aman dan damai untuk Indonesia lebih baik," ujar dia.

Baca juga: Bawaslu sebut tujuh indikator kerawanan paling banyak terjadi di TPS
Baca juga: Besok KPU Jakarta Utara distribusikan logistik pemilu ke TPS

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024