"Operasi Keselamatan Pallawa 2024 ini berhasil menekan angka kecelakaan lalu dari 145 kasus di 2023 menjadi 59 kasus atau turun 59 persen,"
Makassar (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan mengatakan Operasi Keselamatan Pallawa 2024 yang sudah digelar selama sepekan berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas sebesar 59 persen.

"Operasi Keselamatan Pallawa 2024 ini berhasil menekan angka kecelakaan lalu dari 145 kasus di 2023 menjadi 59 kasus atau turun 59 persen," ujar Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol I Made Agus Prasatya di Makassar, Senin.

Dia mengatakan Operasi Keselamatan 2024 yang digelar serentak di Indonesia termasuk di Sulsel dimulai pada 4 hingga 17 Maret 2024, tujuannya meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Selain itu, operasi keselamatan juga bertujuan menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dan pelanggaran lalu lintas lainnya.

“Kecelakaan lalu lintas ini adalah muara dari sejumlah permasalahan lalu lintas dan melalui beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan pada saat pelaksanaan operasi keselamatan kita targetkan dapat turun,” katanya.

Kombes Pol I Made menerangkan tujuh hari pelaksanaan operasi, situasi Kamseltibcar Lantas di wilayah Polda Sulsel dalam keadaan terkendali.

Sesuai dengan target operasi yakni meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Ia menyebutkan data yang berhasil dihimpun selama sepekan pelaksanaan Ops Keselamatan Pallawa 2024, tingkat kecelakaan lalu lintas sebanyak 59 kasus atau telah terjadi penurunan 59 persen dari tahun sebelumnya dengan 145 kasus.

Sedangkan untuk fatalitas korban meninggal dunia (MD) juga turun 59 persen dari 27 meninggal dunia menjadi 11 jiwa dan korban luka berat dari 9 orang menjadi tidak ada di tujuh hari pelaksanaan operasi itu.

Menurut Kombes Pol I Made Agus Prasatya, capaian sementara keberhasilan pelaksanaan Operasi Keselamatan Pallawa 2024 itu tentunya tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan para Kasatlantas jajaran yang telah sungguh-sungguh menjalankan tugas sesuai arahan pimpinan.

“Jadi pelaksanaan Operasi Keselamatan Pallawa 2024 ini, juga menunjukkan tren positif jika dibandingkan dengan operasi yang sama di Tahun 2023, baik secara kuantitas maupun kualitas” ucapnya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024