Jakarta (ANTARA) - Petenis peringkat lima dunia Elena Rybakina meraih gelar keduanya musim ini setelah mengalahkan peringkat 14 Daria Kasatkina 6-1, 6-4 di final Abu Dhabi Open, Minggu.

Kemenangan Abu Dhabi Open menjadi gelar ketujuh dalam karier Rybakina di WTA Tour dan keempat di lapangan keras.

Unggulan pertama Rybakina mencatatkan rekor menang kalah 11-2 pada musim ini, setelah memenangi gelar pertamanya tahun ini di Brisbane bulan lalu.

Dia setara dengan juara Australian Open Aryna Sabalenka untuk kemenangan terbanyak kedua dalam tur setelah 13 kemenangan yang dicatatkan Jelena Ostapenko.

Baca juga: Rybakina dan Kasatkina perebutkan gelar juara Abu Dhabi Open

Meski kalah, Kasatkina mengawali musim dengan baik. Abu Dhabi merupakan final keduanya di musim baru ini setelah Adelaide pada Januari. Dengan catatan menang kalah 9-4, Kasatkina menempati peringkat keenam tur dalam kemenangan pertandingan tahun ini.

Seperti disiarkan WTA, Minggu, Rybakina melaju melalui set pembuka dengan cepat, sebagian dibantu oleh 16 unforced error yang dilakukan Kasatkina.

Kasatkina berusaha keras selama tiga jam untuk melewati Beatriz Haddad Maia di semifinal. Namun dengan Rybakina yang berhasil mendaratkan 86 persen servis pertamanya, Kasatkina tidak dapat menemukan terobosan pada set pertama yang berlangsung selama 25 menit tersebut.

Baca juga: Rybakina tumbang pada tiebreak terpanjang dalam sejarah Grand Slam

Pada set kedua, Kasatkina dengan cerdas meningkatkan agresi lewat baseline. Setelah hanya mencetak dua winner pada set pertama, Kasatkina menjadi lebih oportunis pada set kedua dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4.

Namun, Rybakina menghentikan agresivitas Kasatkina dengan permainan balik yang luar biasa untuk unggul 5-4.

Setelah sempat terhenti akibat hujan singkat saat Rybakina melakukan servis pada kedudukan 5-4, 30-0, juara Wimbledon 2022 itu melanjutkan permainan dan dengan tenang melakukan servis untuk meraih kemenangan.

Kedua petenis akan segera berangkat ke Doha untuk mengikuti turnamen WTA 1000 pertama musim ini di Qatar Open. Sementara Rybakina mendapat bye untuk lolos ke babak kedua, Kasatkina dijadwalkan memainkan pertandingan babak pertamanya melawan Anastasia Pavlyuchenkova pada Senin malam.

Baca juga: Osaka berusaha tak merasa gagal setelah kalah lebih awal di Abu Dhabi

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024