Abdul berkeinginan untuk sembuh dan sehat kembali...Karena itulah Kemensos hadir untuk memberikan dorongan semangat dan motivasi kepada Abdul
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi dan Direktorat Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil menyalurkan bantuan kepada Abdul Malik (16) warga Kampung Blokang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang menderita penyakit kanker tulang (Osteosarcoma).
 
Dalam keterangan Kemensos yang disiarkan di Jakarta pada Senin, tim Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi segera memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa nutrisi, kebutuhan pokok, alat kebersihan diri, dan kebutuhan sandang, begitu mengetahui kondisi Abdul tersebut.
 
“Abdul berkeinginan untuk sembuh dan sehat kembali, namun Abdul masih belum dapat menerima kondisi yang menimpanya. Karena itulah Kemensos hadir untuk memberikan dorongan semangat dan motivasi kepada Abdul,” kata Ch Iriani R dari tim Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi.

Baca juga: Kemensos bantu penderita kelainan syaraf mata agar bisa melihat lagi
 
Selain itu Kemensos juga memberikan kursi roda 3in1 agar memudahkan Abdul untuk beraktivitas sehari-hari.
 
Peristiwa nahas itu bermula dari Abdul yang sedang bermain futsal dan tidak sengaja menabrak tiang gawang. Setelah kejadian tersebut, Abdul tidak merasakan sakit. Namun kaki bagian kanan Abdul membengkak selang 10 hari sehingga keluarga memutuskan untuk membawa Abdul ke rumah sakit terdekat.
 
Saat ini Abdul sedang menjalani pengobatan di RSUP Persahabatan Jakarta dan sudah melakukan tindakan biopsi.
 
“Dari hasil biopsi disimpulkan benjolan pada lutut kanan Abdul merupakan tumor ganas/kanker yang disebut osteosarcoma (kanker tulang) stadium 3 A,” ucap Dr Sigit Daru Cahayadi pada Jumat (26/1) .

Baca juga: Bantuan kursi roda Kemensos buat Slamet tak melulu berbaring di kasur
 
Ayah Abdul yang bernama Puji (36) merupakan tulang punggung keluarga dan bekerja sebagai satpam. Upah sebagai satpam tentu tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi harus mengeluarkan biaya untuk berobat Abdul.
 
Oleh karena itu untuk membantu perekonomian keluarga, Kemensos memberikan bantuan kewirausahaan untuk Sapnih, ibunda Abdul, berupa warung sembako.
 
Kemensos bersama pihak terkait juga berkomitmen akan terus memantau kondisi serta perkembangan kesehatan Abdul dan akan terus mendampingi Abdul selama masa pengobatannya agar bisa pulih dan sehat kembali.

Baca juga: Kemensos beri bantuan ATENSI bayi pengidap penyakit otak

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024