Biak (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Biak Numfor mengawal pendistribusian logistik pemilu 2024 untuk lima distrik di Kepulauan Numfor dengan menggunakan kapal laut milik Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Papua, Senin.

Pengawasan dan pengawalan logistik pemilu tersebut dilakukan Ketua Bawaslu Simon Y.Mandowen bersama aparat  TNI/Polri, Satpol Polisi Pamong Praja dan komisioner KPU Biak.

Ketua Bawaslu Biak Simon Y. Mandowen kepada ANTARA seusai pergeseran logistik, di Biak, Senin, mengatakan Bawaslu ingin memastikan dan menjamin logistik pemilu tersebut untuk lima distrik di Kepulauan Numfor dapat terjaga keamanan dan kerahasiaan untuk digunakan pada 14 Februari 2024.

"Pengawalan pendistribusian logistik pemilu KPU bertepatan dengan pergeseran anggota Polres Biak untuk pengamanan pemilu 2024," ujarnya.

Ia mengatakan distribusi logistik pemilu di wilayah kerja KPU Biak Numfor sesuai jadwal pada H-2 dengan menggunakan angkutan kapal laut untuk lima panitia pemilihan di Kepulauan Numfor, Padaido dan Aimando.

Sedangkan untuk daerah daratan Kabupaten Biak Numfor, kata dia, distribusi logistik pemilu menggunakan kendaraan roda empat atau melalui jalur darat.

Ketua KPU Matheus berharap semua logistik pemilu yang mulai dikirim ke daerah pemilihan tiga meliputi Distrik Yendidori, Biak Barat, Swandiwe dan lima distrik kepulauan Numfor dapat berlangsung lancar sampai tujuan.

"Sehingga logistik pemilu tersebut dapat digunakan pada pemungutan suara 14 Februari mendatang," katanya.

Sementara itu pada Senin siang pukul 11.30 WIT suasana Kota Biak dan sekitarnya mulai bersih dari alat peraga kampanye (APK) parpol dan pilpres karena sudah dibersihkan oleh pengurus parpol dan calon legislatif bersangkutan.

Sementara sejumlah anggota KPPS Biak juga sedang menyiapkan pembuatan lokasi tempat pemungutan suara 14 Februari mendatang.

Berdasarkan data KPU jumlah pemilih dalam pemilih tetap (DPT),pemilu 2024 di Kabupaten Biak Numfor sebanyak 101.536 pemilih, terdiri dari perempuan 51.313 pemilih dan 50.223 pemilih laki-laki.

Pada Pemilu 14 Februari disiapkan 484 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar 19 panitia pemilihan distrik, 257 PPS kampung/desa dan 14 PPS kelurahan.
 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024