Gorontalo (ANTARA) - Distribusi logistik dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo telah menjangkau sembilan Wilayah kecamatan dari total 11 kecamatan di daerah itu.

"Alhamdulillah distribusi logistik di daerah ini hampir rampung di hari pertama. Kita menyelesaikan distribusi di wilayah darat dengan memprioritaskan kecamatan terjauh seperti Kecamatan Tolinggula di wilayah perbatasan bagian barat dan Kecamatan Atinggola di wilayah perbatasan bagian timur," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara Sofyan Jakfar di Gorontalo, Senin.

Ia mengatakan jarak tempuh terjauh di Kecamatan Tolinggula sekitar empat jam perjalanan darat dengan kondisi jalan berkelok dan berbukit, telah berhasil ditempuh.

Seluruh logistik untuk kecamatan tersebut telah tiba di lokasi dalam kondisi baik, menyusul tuntas distribusi di Kecamatan Biau, Sumalata dan Sumalata Timur. Kondisi yang sama untuk distribusi di Wilayah Kecamatan Atinggola dengan jarak tempuh hampir tiga jam, seluruh logistik telah mendarat di Wilayah perbatasan bagian timur tersebut. Termasuk untuk Kecamatan Gentuma dan Tomilito.

"Saat ini proses pengangkutan logistik sementara dilakukan untuk Kecamatan Anggrek dan Monano. Dengan jarak tempuh sekitar 40 menit ke Kecamatan Monano dan 25 menit untuk Kecamatan Anggrek, dipastikan distribusi logistik menggunakan truk untuk sembilan kecamatan tersebut, rampung hari ini,. Khusus untuk Wilayah ibu kota kabupaten di Kecamatan Kwandang, serta Kecamatan Ponelo Kepulauan akan dilakukan di hari kedua atau 13 Februari 2024," kata Sofyan.

Distribusi ke Pulau Dudepo yang merupakan satu wilayah desa di Kecamatan Anggrek, pihaknya kata Sofyan terus berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta pemerintah desa di pulau tersebut.

Mengingat hingga saat ini curah hujan masih tinggi, dan ter-informasi gelombang tinggi juga angin kencang sementara melanda Pulau Dudepo, juga Kecamatan Ponelo Kepulauan.

"Jika cuaca belum bersahabat maka logistik ke Pulau Dudepo masih akan diinapkan di Kantor Camat Anggrek. Kami terus berkoordinasi untuk pendistribusian di wilayah kepulauan hingga cuaca kembali tenang," katanya.

Proses distribusi tersebut dipantau langsung oleh Penjabat Bupati Gorontalo Utara Sila Botutihe serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pihak kpu dan bawaslu provinsi dan kabupaten setempat.

Ia memastikan seluruh pihak bekerja sama mengawal dan menjaga keamanan logistik. Khusus di kantor desa, terdapat pengamanan pihak TNI dan Polri, didukung linmas dan aparat desa serta panitia pengawas (panwas).

Seluruh logistik diinapkan di kantor desa, sebelum bergeser ke lokasi tempat pemungutan suara (tps).

Baca juga: KPU Belitung distribusikan logistik Pemilu 2024 ke pulau terpencil

Baca juga: KPU Manggarai Barat pakai truk-kapal motor distribusi logistik pemilu

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024