Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang membagikan vitamin kepada para petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Tarakan, Senin.

"Pembagian vitamin kepada petugas di TPS, berdasarkan pengalaman yang lalu, di mana beberapa petugas di TPS mengalami kecapaian bahkan ada yang sakit dan ada yang meninggal," kata Zainal saat meninjau dan membagikan vitamin dan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Tarakan, Senin.

Hal ini merupakan salah satu kepedulian dari Pemerintah Provinsi Kaltara untuk memberikan jaminan kepada seluruh petugas di TPS se-Kaltara.

Baca juga: Pemprov Kaltara berikan 31 ribu tablet vitamin untuk petugas TPS

Kebijakan yang diambil oleh Gubernur Kaltara dengan memberikan suplemen kepada para petugas di TPS itu untuk melindungi warganya berdasarkan pengalaman Pemilu 2019.

Pemprov Kaltara memberikan suplemen vitamin untuk menambah daya tahan tubuh mereka dan menambah kekuatan mereka dalam melaksanakan tugas cukup berat pada 14 Februari 2024.

"Berdasarkan pengalaman pada Pemilu 2019, para petugas di TPS bertugas sampai tengah malam bahkan ada yang sampai pagi," katanya.

Baca juga: Petugas PPK diberikan vitamin atasi kelelahan

Terkait hal tersebut, Zainal mengambil kebijakan membagikan suplemen kepada petugas sebagai bentuk kepedulian untuk menyukseskan pemilu di Kaltara.

"Mulai hari ini dan besok kita distribusikan suplemen. Untuk daerah yang susah dijangkau, kita melakukan koordinasi dengan kepala puskesmas setempat," katanya.

Sedangkan untuk daerah kota pada Senin (12/2) dan Selasa (13/2) sudah selesai didistribusikan.

Baca juga: Dinas Kesehatan Dumai keliling beri vitamin ke petugas Pemilu

Saat membagikan vitamin dan kartu BPJS Ketenagakerjaan, Zainal langsung membagikan ke petugas di TPS 014 Kelurahan Selumit Pantai dan TPS 019 Kelurahan Karang Anyar.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024