Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi I DPR RI Sturman Panjaitan mengatakan karakter kebangsaan yang dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia menjadi kunci dalam mewujudkan visi Indonesia Emas pada 2045.
 
"Karakter kebangsaan menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia Emas pada 2045," kata Sturman saat menjadi narasumber dalam forum diskusi publik bertajuk "Penguatan Karakter Kebangsaan untuk Mencapai Indonesia Emas" yang digelar secara daring, dipantau di Jakarta, Senin.
 
Dia menjelaskan karakter kebangsaan itu meliputi kemunculan kesadaran terhadap adanya identitas Bangsa Indonesia, menanamkan semangat kepahlawanan, berintegritas, bekerja keras, berinovasi, dan kepemimpinan yang bertanggung jawab.

Baca juga: Masyarakat perlu bangun karakter kebangsaan
 
Menurut Sturman, karakter kebangsaan juga mencakup kehadiran kerja sama antargenerasi untuk mencapai visi Indonesia yang maju serta Indonesia berdaya saing global.

Ia mengatakan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia yang berdaya saing global dibutuhkan agar bangsa Indonesia bisa mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia ini.
 
"Kita harus berdaya saing global karena kita tidak bisa di alam ini, di dunia ini, hidup sendiri. Kita harus punya daya saing global," kata dia.

Baca juga: Akademisi: Pahami sejarah untuk kuatkan karakter kebangsaan
 
Meskipun demikian, Sturman mengakui ada sejumlah tantangan yang perlu ditaklukkan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Maju. Tantangan tersebut di antaranya mempercepat pembangunan infrastruktur.
 
"Percepatan pembangunan bukan hanya listrik, bukan hanya jalan, bukan hanya pelabuhan, bandara, tetapi juga termasuk ranah komunikasi," ujar dia.
 
Tantangan berikutnya adalah peningkatan jumlah SDM yang berdaya saing global serta ketahanan ekonomi harus kuat.
 
"Terakhir, yang tidak kalah penting adalah perbaikan tata kelola pemerintah. Pemerintah harus diperbaiki tata kelolanya, terutama sistemnya," kata dia.

Baca juga: Menko PMK paparkan lima target untuk wujudkan Indonesia Emas 2045
 
Sturman pun mengingatkan ada beberapa ancaman yang perlu diwaspadai Bangsa Indonesia saat menuju Indonesia Emas. "Ancaman itu adalah penyalahgunaan narkoba oleh generasi muda dan persoalan stunting," ujarnya.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024