Gareth Bale dapat turun di berbagai posisi. Saya akan menurunkan dia dan memilih posisi yang memang tepat. Casillas dan Diego López,...Rivalitas antara keduanya justru berdampak positif
Istanbul (ANTARA News) - Istanbul membara. Manajer Fatih Terim mengundang gemuruh luapan energi dari mereka yang mencintai Galatasaray untuk mendukung seratus persen tim kesayangannya itu ketika menghadapi Real Madrid.

Ya, Galatasaray yang berjuluk "Cimbom" akan menjamu Los Blancos dalam laga pertama Liga Champions Grup B yang digelar di Turk Telekom Arena, Istanbul, Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Laga itu ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Laga yang akan dipimpin oleh wasit Mark Clattenburg itu digelar di stadion Turk Telekom yang dikenal punya kebisingan luar biasa.

Faktor dukungan fans sejati Galatasaray disebut-sebut relatif dapat mengusik konsentrasi skuad asuhan pelatih Carlo Ancelotti.

Selain dukungan tim keduabelas, Terim mengantongi sejumlah hitung-hitungan. Pada 9 April 2013, Galatasaray mengalahkah Real Madrid, 3-2. Kemenangan ini kelak dijadikan bahan bakar untuk meluapkan semangat melawan tim asal negeri Matador.

Kemenangan itu tidak selalu berbuah manis. Klub papan atas Liga Turki itu gagal melaju ke semifinal Liga Champions musim lalu, karena Madrid menuai kemenangan 3-0 di laga pertama.

Terim terus menyusun kekuatan dengan menurunkan skuad terpilih menghadapi Los Merengues, meski gelandang andalan tim tuan rumah Hamit Altintop masih belum pulih dari cedera. Lini depan tim tuan rumah diperkuat oleh pemain muda bertalenta asal Eropa, Armindo Bruma.

Sementara Los Blancos berharap makin menajamkan naluri menang karena sebelumnya dipaksa bermain imbang 2-2 melawan Villareal di ajang La Liga di El Madrigal. Bintang Madrid, Gareth Bale memerlukan waktu 39 menit untuk mencetak gol perdana di klubnya itu.

Iker Casillas segera berada di bawah mistar Madrid setelah selama beberapa bulan dibangkucadangkan. Pelatih asal Italia itu terbuka kemungkinan merotasi pemain dengan pulihnya Alvaro Arbeloa, sementara Bale dan Illarramendi telah bermain selama 60 menit debut bersama klub pada Sabtu pekan lalu.

Madrid tidak tampil mengesankan ketika menghadapi Villareal, meski Diego Lopez melakukan serangkaian aksi penyelamatan dari gempuran para pemain Villareal.

Lopez tidak diturunkan ketika menghadapi Galatasaray. Dan Ancelotti memutuskan bahwa Iker Casillas akan mengenakan ban kapten. Ini jelas cambuk bagi Casillas agar membuktikan diri bahwa ia pilihan tepat dibandingkan dengan Lopez.

Kalau Arbeloa mengisi lini pertahanan, ia berduet bersama Nacho Fernandez. Posisi asali Arbeloa di lini bek kanan, dan posisi itu dapat juga ditempati Dani Carvajal.

Komentar dua pelatih:

Fatih Terim (Galatasaray):

"Madrid tampil sebagai tim favorit untuk lolos dari fase grup, meski kami punya juga peluang yang sama. Kami harus tampil sebaik mungkin sebagai tim."

"Kami kalah dari Real Madrid di kuarter-final musim lalu. Waktu itu, kami tampil sangat baik di putaran kedua. Jika memang kami kalah, tidak ada orang yang mengatakan Galatasaray akan gagal lolos di babak selanjutnya, karena kami masih akan melakoni lima pertandingan. Jika kami menang, kami memperoleh hasil gemilang."

"Real Madrid membeli sejumlah pemain penting musim ini dengan harga relatif tinggi seperti Gareth Bale. Mereka juga punya sejumlah pemain bintang, salah satunya Cristiano Ronaldo yang menjadi salah satu pemain terbaik di dunia bersama dengan Lionel Messi. Mereka juga punya  Ángel Di María, Sergio Ramos, Karim Benzema..."

"Kami ingin meraih sukses di kandang. Setiap orang tahu bahwa atmosfer di sini sarat dukungan dari fans. Kami siap melawan tim manapun setiap waktu. Tampil bermain dengan hati menjadi sangat penting."

"Kami butuh dukungan penuh dari fans, juga ketika para pemain membuat kekeliruan. Para pendukung kami tanpa pamrih. Ini jelas-jelas memberi aura positif, dan para pemain kami dapat tampil sebaik mungkin."

Carlo Ancelotti (Real Madrid):
"Gareth Bale dapat turun di berbagai posisi. Saya akan menurunkan dia dan memilih posisi yang memang tepat.  Casillas dan Diego López, dua penjaga gawang yang siap tampil sangat baik. Rivalitas antara keduanya justru berdampak positif."

"Saya cenderung lebih memilih Casillas untuk turun di berbagai laga Liga Champions, karena ia lebih berpengalaman. Diego Lopez akan tampil di ajang La Liga musim ini. Saya berharap Casillas memberi penampilan terbaiknya besok."

"Rivalitas antara pemain seperti Cristiano Ronaldo dan Bale atau Casillas dan Diego López tidak jadi masalah bagi kami. Real Madrid salah satu klub terbesar di dunia, dan kami telah mengenal dengan seksama segala situasi, karena kami punya pemain terbaik di dunia."

"Fatih Terim pelatih sangat berpengalaman. Ia telah melatih sejumlah tim papan atas di masa lampau. Saya punya hubungan baik dengan dia. Liga Champions menjadi kompetisi yang sangat penting. Saya sangat senang berada di sini. Kami punya skuad yang fantastis, dan menjadi salah satu skuad yang dijagokan di musim ini."

Prakiraan susunan pemain:
 
Galatasaray (4-3-1-2):
Muslera (penjaga gawang), Eboue, Chedjou, Nounkeu, Riera, Felipe Melo, Inan, Amrabat, Sniejder, Yilmaz, Drogba

Real Madrid (4-2-3-1):
Casillas (penjaga gawang), Carvajal, Ramos, Pepe, Marcelo, Khedira, Modric, Isco, Ronaldo, Bale, Benzema

Pemain andalan kedua tim:

Burak Yılmaz (Galatasaray)
Posisi:  Striker
Nomor punggung:     0

Pemain timnas Turki ini menjadi salah seorang pemain yang bersinar di Liga Champions musim lalu, meski bintangnya tidak gemerlap seperti pemain berkelas, seperti Didier Drogba atau Wesley Sneijder. Ia akan menjadi salah seorang pemain kunci yang dapat menyulitkan pertahanan Madrid.

Gareth Bale (Real Madrid)
Posisi: Gelandang
Nomor punggung: 11

Pemain termahal di dunia ini telah membuktikan keampuhannya dengan mencetak gol ketika Madrid berhadapan dengan Villareal. Penampilan Bale akan mewarnai semarak perjalanan laga Liga Champions.   
 
Prediksi hasil laga (Goal.com)

* Galatasaray 1-3 Real Madrid (21,77 persen)
* Galatasaray 1-2 Real Madrid (11,03 persen)
* Galatasaray 0-3 Real Madrid (  8,38 persen)

Head to Head
UEFA Champions League (UCL)
9 Apr 2013     Galatasaray 3 - Real Madrid 2     
3 Apr 2013     Real Madrid 3 - Galatasaray 0     

Laga persahabatan (FR)
24 Aug 2011     Real Madrid 2 - Galatasaray 1     

Lima laga terakhir:    

Galatasaray
13 Sep 2013    Galatasaray 1 - Antalyaspor A.S. 1    
30 Aug 2013    Eskişehirspor 0 - Galatasaray 0      TUR1
25 Aug 2013    Bursaspor 1 - Galatasaray 1      TUR1
19 Aug 2013    Galatasaray 2 - Gaziantepspor 1 TUR1
11 Aug 2013    Galatasaray 1 - Fenerbahce 0       TURS

Real Madrid  
14 Sep 2013    Villarreal 2 - Real Madrid 2  LIGA
  1 Sep 2013    Real Madrid 3 - Athletic Bilbao 1  LIGA
29 Aug 2013    Deportivo 0 - Real Madrid 4  FR
26 Aug 2013    Granada 0 - Real Madrid  1  LIGA
18 Aug 2013    Real Madrid 2 - Betis 1         LIGA
 
Narasi prediksi:

* Madrid berjuang keras memperoleh hasil positif dibandingkan dengan raihan musim lalu. Lawan yang  dihadapi kali ini, Galatasaray yang nota bene punya dukungan fans fanatik di Istanbul.
* Madrid mengandalkan trio pamungkas di barisan depan, yakni Cristiano Ronaldo, Isco dan Benzema. Grafik penampilan Benzema tidak benar-benar cemerlang memasuki musim ini, terlihat dari pertandingan melawan Villareal.
* Lini pertahanan Madrid bukan tidak mungkin direpotkan oleh dwitunggal Drogba dan Sneijder. Kekompakan dan kesungguhan hati dari pasukan Galatasaray perlu ekstra diwaspadai oleh skuad Los Blancos.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Galatasaray: 1
Real Madrid: 3 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013