Wasior (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat telah merampungkan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke 13 panitia pemilihan distrik yang dimulai sejak 10-12 Februari 2024.

"Distribusi logistik pemilu selama tiga hari berjalan lancar dan aman," kata Ketua KPU Teluk Wondama Yustinus Rumabur di Wasior, Senin.

Ia menjelaskan bahwa pengiriman logistik pemilu hari pertama menyasar ke sembilan panitia pemilihan distrik (ppd) yang berada di wilayah pesisir dan kepulauan menggunakan transportasi laut.

Sembilan ppd yang dimaksud meliputi PPD Kuri Wamesa, PPD Windesi, PPD Nikiwar, PPD Sough Wepu, PPD Rumberpon, PPD Roswar, dan PPD Roon.

"Hari pertama kami geser ke sembilan ppd yang rencana awalnya delapan ppd menggunakan transportasi laut," jelas dia.

Ia melanjutkan pendistribusian logistik pemilu pada hari kedua (11/2) dan hari ketiga (12/2) menggunakan transportasi darat menuju empat ppd yakni PPD Wasior, PPD Wandiboy, PPD Rasiey, dan PPD Naikere.

Pergeseran seluruh logistik dari gudang KPU Teluk Wondama ke seluruh ppd mendapat pengawalan ketat dari anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Teluk Wondama dan personel Polres Teluk Wondama.

"Kami ucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah, aparat keamanan, dan rekan-rekan bawaslu," ucap Yustinus.

Anggota Bawaslu Teluk Wondama David Sabarek menjelaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap distribusi logistik pemilu mulai dari gudang KPU hingga ke tempat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pergeseran logistik selama tiga hari berturut-turut tidak ditemukan hal yang menonjol, namun pengawasan tetap diperketat guna mencegah potensi kerawanan pada pelaksanaan Pemilu 2024.

“Sejauh ini kami belum menemukan ada hal-hal yang menonjol. Semua berjalan dengan baik," ucap David.

Sebagai informasi, kpu telah menetapkan daftar pemilih tetap di Kabupaten Teluk Wondama sebanyak 25.513 pemilih (13.627 laki-laki dan 12.886 perempuan) dan 142 tempat pemungutan suara yang tersebar di 13 distrik atau kecamatan.

Selain itu, kebutuhan lima jenis surat suara baik pemilihan calon presiden-wakil presiden, calon senator, dan calon anggota legislatif di Kabupaten Teluk Wondama sebanyak 27.110 lembar termasuk dua persen surat suara cadangan.

Baca juga: TNI AL kerahkan kapal-kapalnya bantu distribusi logistik pemilu

Baca juga: Pemkab Wondama sewa helikopter distribusi logistik pemilu ke daerah 3T

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024