Kuota untuk setiap PTN berbeda-beda, tetapi ada standar minimum yang diatur di Permendikbudristek 62 tahun 2023
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, Prof. Ganefri menyatakan bahwa pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibuka pada 14 Februari 2024 dengan kuota minimum 20 persen.

"Kuota untuk setiap PTN berbeda-beda, tetapi ada standar minimum yang diatur di Permendikbudristek 62 tahun 2023, khusus SNBP PTN harus menetapkan 20 persen dari kuota yang disiapkan tiap program studi (prodi)," kata Ganefri dalam sosialisasi SNBP yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan pendaftaran SNBP ini yakni jalur nontes yang dinilai berdasarkan rapor dan prestasi lain dari siswa. Khusus untuk program studi tertentu seperti olah raga atau seni, penilaian dilakukan berdasarkan portofolio.

"Proses pendaftaran SNBP diawali dari penetapan kuota per sekolah, dan ini sudah ditetapkan sejak 28 Desember yang lalu. Sekolah juga sudah diberikan masa sanggah hingga 17 Januari. Kalau sekolah belum finalisasi data sekolahnya, termasuk kurikulum dan nilai, juga sudah diberi kesempatan hingga sore tadi," ujar dia.

Ia menjelaskan biasanya PTN akan memberikan prioritas terhadap pilihan satu yang sudah ditentukan oleh siswa.

Baca juga: Tata cara registrasi akun siswa pada portal SNPMB 2024

"Proses penilaian SNBP ini memang dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, tetapi biasanya kampus akan memberikan prioritas terhadap pilihan satu, karena kalau kuotanya sudah terpenuhi pilihan satu, biasanya dia tidak melihat lagi pilihan dua, artinya mereka sudah memenuhi syarat (di pilihan satu)," tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau para siswa hati-hati dalam menentukan pilihan.

"Adik-adik saat menentukan pilihan, tolong betul-betul disesuaikan dengan minatnya. Ada perubahan yang terjadi juga dalam proses penyelenggaraan SNPMB di 2024 ini, jadi khusus untuk penetapan pilihan ini harus hati-hati," ucapnya.

Berdasarkan Permendikbudristek nomor 62 tahun 2023, dijelaskan bahwa jalur masuk SNPMB 2024 ada tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), lalu Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) atau yang dikenal dengan UTBK, dan jalur mandiri.

Khusus untuk proses pendaftaran SNBP berlangsung selama dua minggu, untuk itu calon mahasiswa diimbau mempersiapkan diri dari sekarang agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Langkah-langkah registrasi akun sekolah pada portal SNPMB 2024
Baca juga: ITS buka pendaftaran empat prodi baru pada SNBP dan SNBT 2024

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024